MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Penjelasan Kode Dan Keterangan Pada Lensa


Mungkin Anda akan bertanya-tanya apa maksud dari keterangan "18-55mm f/3.5-4.5 IS" pada sebuah lensa. Semua lensa memiliki keterangan serupa namun berbeda-beda. Apakah Anda pernah mencoba mencari tahu arti dari kode-kode tersebut?

18-55mm

Kode di atas merupakan keterangan dari panjang focal sebuah lensa yang disebut focal length (FL). Ada bermacam-macam focal length lensa dan untuk focal length 18-55mm merupakan ukuran umum yang diberlakukan pada lensa standar yang disebut "kit".

f/3.5-4.5

Kode di atas merupakan keterangan untuk nilai max aperture pada sebuah lensa. Sedangkan kode "f/" merupakan satuan yang diberlakukan untuk nilai aperture. Sama seperti focal length, nilai aperture pada tiap-tiap lensa juga beragam.

IS

IS adalah singkatan dari Image Stabilizer sedangkan pada Nikon di kenal sebagai VR (Vibra Reduction) yaitu fitur yang ditanamkan pada lensa yang berfungsi untuk menstabilkan getaran. Semua fotografer pasti pernah mengalami motion / blur saat memotret diakibatkan getaran tangan (hand shake) yang terjadi tanpa sengaja. IS hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Namun sayangnya tidak semua lensa memiliki fitur ini. Selain lensa kit hanya golongan lensa mahal yang memiliki fitur tersebut.

Hubungan Focal Length dengan Aperture

Jika sebuah lensa memiliki focal length 18-55mm dan aperture f/3.5-4.5 maka hubungannya yaitu ketika Anda menggunakan focal length 18mm maka nilai max aperturenya adalah f/3.5. Namun jika Anda menggunakan focal length terpanjang 55mm maka otomatis nilai max aperture berpindah dan mentok di f/4.5. Pada kondisi seperti itu Anda tidak bisa merubah nilai aperturenya ke f/3.5. Kesimpulannya adalah jika Anda merubah focal length maka aperture juga ikut berubah.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.

Artikel Lainnya

KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI