MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Menetralkan Gambar Temperatur Kuning Dengan Lightroom


Adakalanya ketika kita memotret dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan yang kuat yang bersumber dari sejumlah bolamp berwarna kekuning-kuningan, mengakibatkan hasil foto ikut menjadi kuning hingga merah. Sebenarnya kita masih bisa memperbaiki masalah seperti itu pada tahap post-processing menggunakan Adobe Lightroom atau Photoshop.

Cahaya kuning yang sangat kuat disebabkan oleh bolamp maupun dinding bernuansa kuning, akan berdampak langsung pada temperatur gambar dan lumayan sulit untuk ditangani. Mengatur White Balance (WB) kamera kadang tidak cukup untuk mengatasi hal tersebut. 

Dalam video di bawah ini, saya mencoba melakukan langkah sederhana menggunakan Adobe Lightroom untuk menetralkan temperatur kuning yang sangat kuat. Setidaknya kita bisa memiliki hasil gambar berbeda jauh lebih baik daripada temperatur kuning yang bahkan ikut mempengaruhi kulit subjek. Berikut video cara menetralkan warna foto yang kuning menjadi putih cerah menggunakan Lightroom:

SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI