MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Panduan Cara Menggunakan Fokus Pada Lensa Kamera


Salah satu pengetahuan dasar yang diwajibkan bagi pemula adalah belajar cara menggunakan fokus pada lensa baik secara auto maupun manual. Coba Anda perhatikan lensa kamera Anda, di situ ada tombol kecil untuk menggeser mode fokus yang biasa ditandai dengan kode "AF dan MF". AF adalah Auto Focus sedangkan MF adalah Manual Focus.

Secara umum semua lensa standar yang dipaketkan pada kamera memiliki dua mode fokus di atas. Jika Anda memilih mode auto focus maka program lah yang bertindak atau bekerja secara auto untuk mengunci fokus pada subjek / objek. Dan jika Anda menggunakan mode manual focus maka Anda sendiri lah sebagai pengguna kamera yang mengatur ring fokus untuk mengunci fokus pada subjek / objek. Kesimpulannya, auto fokus adalah program sedangkan manual adalah Anda. Paham?

Cara Menggunakan Fokus Pada Mode Auto


Cara menggunakan fokus pada mode auto sangatlah mudah, oleh sebab itu pemula sangat dianjurkan untuk bermain-main dulu dengan mode auto sebelum melangkah ke mode manual.

Aktifkan mode auto focus (AF) dengan menggeser tombol ke mode AF (perhatikan gambar paling atas). Kemudian cobalah Anda membidik salah satu benda disekitar Anda. Lalu tekan tombol shutter separuh atau 1/2 (jangan full) kemudian tahan. Anda akan melihat ring fokus lensa bergerak sendiri dengan berputar kiri-kanan untuk mencari fokus pada benda tersebut. Coba perhatikan viewfinder Anda (itu loh layar kecil yang kita intip saat motret), jika subjek telah terkunci maka ring lensa akan berhenti berputar dan titik fokus akan menunjukan kedipan "merah". Selanjunya silahkan Anda tekan full tombol shutter untuk mengambil gambar.

Tapi ingat! Jika masih dalam mode auto jangan pernah coba-coba memutar ring fokus secara manual menggunakan tangan karena itu bisa merusak mesin fokus lensa Anda, kecuali lensa Anda menggunakan mesin fokus FTM (Full Time Manual).

Cara Menggunakan Fokus Pada Mode Manual


Bila Anda sudah paham kerja fokus pada mode auto, maka saatnya Anda mulai belajar menggunakan mode manual focus (MF).

Ubah dulu mode fokusnya dari AF ke MF. Bidik salah satu benda disekitar Anda. Kemudian ulangi kembali cara di atas yaitu menekan tombol shutter separuh saja kemudian tahan lalu putar perlahan ring fokus pada lensa ke arah kiri dan kanan menggunakan tangan Anda untuk mengunci fokus pada benda tersebut. Jangan lupa perhatikan viewfinder, jika benda yang Anda bidik sudah terfokus maka titik fokus akan menunjukan kedipan "merah", maka selanjutnya tekan penuh tombol shutter untuk mengambil gambar.

Oya jangan sampai Anda keliru atau salah memutar ring pada lensa. Karena selain ring fokus terdapat pula ring untuk mengatur zoom. Tapi untuk mengetahui perbedaannya tidak sulit. Anda bisa melihat pada viewfinder jika terjadi zoom saat memutar sebuah ring pada lensa maka berarti ring yang Anda putar itu adalah ring zoom. Dengan begitu akan ketahuan bahwa ring yang lainnya adalah ring untuk mengatur fokus.

Jika Anda sudah menguasai cara menggunakan fokus pada lensa, maka selanjutnya Anda mengenal titik fokus dan belajar mengatur letak AF point pada subjek / objek (baca artikelnya di sini).
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI