MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Simulator Untuk Belajar Memotret Dengan Mode Manual Exposure


Di sini saya sudah menyiapkan sebuah simulator dari CameraSim yang sangat membantu Anda untuk praktek langsung cara menggunakan mode manual exposure. Tapi saya sarankan bagi Anda yang belum paham sama sekali tentang manual exposure maka sebaiknya Anda membaca artikel "Mengenal Exposure Dan Cara Menggunakannya Secara Manual" terlebih dahulu. Karena tanpa pengetahuan dasar exposure Anda akan bingung menggunakan simulator ini. Jadi silahkan baca dulu artikel yang saya rekomendasikan di atas dan jika sudah paham maka silahkan Anda balik ke sini untuk melakukan simulasi.

Panduan Menggunakan Simulator:

1. Pada simulator di bawah terdapat 3 mode pemotretan yaitu Aperture Priority, Shutter Priority, dan Manual. Sedangkan mode default berada pada mode "Shutter Priority". Jadi langkah pertama silahkan ganti mode Shutter Priority ke mode Manual.

2. Selanjutnya perhatikan indikator exposure yang tampil pada light meter (baca tentang light meter di sini). Secara default exposure atau pencahayaan yang tampil di light meter pada simulator berada pada kondisi normal (normal exposure), yang ditandai dengan posisi titik berada pada posisi tengah.

3. Pada simulator di bawah terdapat 3 pengaturan di sebelah kanan yang disebut segitiga exposure atau exposure triangel yaitu ISO, Aperture, dan Shutter Speed. Silahkan Anda utak-atik ketiga pengaturan tersebut dan Anda akan melihat perubahan exposure pada light meter. Tapi ingat Anda harus bisa menghasilkan exposure yang normal meskipun dalam bentuk pengaturan yang berbeda-beda.

4. Pada simulator di bawah terdapat pula 3 pengaturan di sebelah kiri. Abaikan saja dulu, karena itu tidak terlalu mempengaruhi proses pembelajaran Anda untuk cara menggunakan manual exposure. Jadi sebaiknya Anda fokus pada arahan saya di atas.

5. Selanjutnya klik tombol "Snap photo!" untuk mengambil gambar.

6. Jangan lupa ucapkan terima kasih pada CameraSim karena sudah menyediakan simulator berharga untuk para pemula. :)

SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI