MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Mengenal Posisi Backlight Dalam Fotografi


Backlight atau kadang-kadang disebut "backlit" adalah posisi dimana subjek / objek membelakangi sumber cahaya entah itu cahaya dari matahari atau sorotan dari cahaya buatan (lighting). Anda harus berhati-hati dengan posisi seperti itu karena jika tidak tahu cara yang tepat menangani backlight maka Anda akan menghasilkan foto yang gagal.

Mungkin saja Anda bisa lolos dengan posisi backlight tapi bisa saja terdapat kekurangan seperti komposisi warna foto yang tawar dan cenderung diselimuti cahaya yang over. Dan salah satu efek yang sangat terasa ketika memotret seseorang di posisi ini yaitu Anda akan mendapati hasilnya gelap dibagian subjek dan cenderung terang di area sekitar subjek. Itulah salah satu resiko backlight yang umum dirasakan oleh pemula.


Meskipun demikian bukan berarti backlight adalah posisi yang menakutkan dan harus dihindari, sebaliknya jika Anda tahu cara menanganinya maka Anda bisa menghasilkan foto yang briliant.

Tips Memotret Seseorang di Posisi Backlight


1. Rubah metering Anda dan gunakan spot metering atau partial metering (baca di sini tentang metering).

2. Hindari area langit yang luas karena Anda tidak akan mendapat keindahan langit pada posisi ini terkecuali jika memotret sunrise / sunset.

3. Jadikan siluet (silhouette) yaitu foto dengan subjek yang gelap total yang tampak seperti bayangan atau seperti gambar clipArt.

4. Gunakan bantuan lampu flash kamera Anda atau lampu lighting tambahan untuk melawan dan mengimbangi backlight. Tapi ini tidak berlaku untuk memotret landscape atau pemandangan.

5. Biarkan saja pada posisi backlight untuk menggasilkan foto yang unik. Hanya saja untuk tips ini Anda harus benar-benar sudah mahir dan terbiasa dengan posisi backlight, karena ada beberapa fotografer pro yang pandai memanfaatkan kadar pencahyaan backlight yang pas dan tidak over, sehingga bisa menghasilkan foto yang justru enak dilihat.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI