MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

10 Genre Fotografi Terpopuler Yang Perlu Anda Ketahui

Sama halnya seperti musik yang memiliki berbagai jenis aliran (genre) seperti pop, jazz, rock, metal, dll, begitupula dengan fotografi yang juga memiliki berbagai macam genre dan ini tak kalah penting untuk Anda ketehaui.

Bukan hanya untuk sekedar referensi saja, tapi pengetahuan tentang genre fotografi bisa membantu Anda mengenal keahlian Anda berada di genre mana.

Ada banyak genre fotografi namun di sini saya hanya melampirkan yang populer saja.

1. Wildlife Photography (Alam Liar)



Photo by Anthony McGill

Wildlife Photography adalah genre yang mendokumentasikan berbagai bentuk satwa liar di habitat alami mereka. Ini merupakan salah satu genre fotografi yang lebih menantang. Karena selain Anda harus berani bila menjumpai hewan-hewan pemangsa, dibutuhkan pula keahlian khusus. Contohnya, ada beberapa hewan yang sulit didekati dan dibutuhkan pengetahuan tentang kebiasaan hewan tersebut untuk memprediksi tindakan mereka. Untuk melihat kumpulan foto wildlife terbaik silahkan klik di sini.

2. Landscape Photography (Pemandangan)



Photo by Elizhaa

Landscape Photography menunjukkan ruang dalam dunia yaitu pemandangan alam, kadang-kadang luas dan tak berujung, tapi kadang juga mikroskopis. Foto landscape biasanya menangkap kehadiran alam tetapi juga dapat fokus pada buatan manusia.

3. Photojournalism / Journalism (Foto Jurnalistik)


 
Photo the Washington Post

Genre Photojournalism ini merupakan bentuk khusus dari jurnalis (mengumpulkan, mengedit, dan penyajian materi berita untuk publikasi atau siaran) yang menggunakan gambar untuk menceritakan sebuah kisah atau berita.

Foto jurnalistik tetap berbeda dari genre fotografi lain yang serupa dengannya, misalnya fotografi dokumenter, sosial, fotografi jalanan atau fotografi selebriti. Genre ini tetap harus mematuhi kerangka etika yang berlaku yang menuntut bahwa pekerjaan yang baik adalah harus jujur dan tidak memihak saat menceritakan sebuah kisah / berita. Hal itu sangat dikritisi dalam jurnalistik. Seperti yang kita ketahui secara umum bahwa fotografi jurnalistik juga mencari gambar untuk berkontribusi terhadap media berita.

4. Portrait / Portraiture Photography (Foto Subjek Manusia)


 
Photo by Hadi Asgari

Portrait Photography atau dikenal juga Portraiture Photography adalah jenis genre yang mengekspose seseorang atau beberapa orang (umumnya 1 orang) yang menampilkan ekspresi, kepribadian, dan suasana hati (sedih, senang, marah, dll). Untuk genre ini biasanya lebih fokus pada wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang atau konteks lainnya dapat dimasukkan. Karena wajah adalah subjek yang paling bisa menggambarkan suasana hati seseorang. Untuk menambah referensi Anda tentang genre fotografi ini silahkan lihat artikel: 10 Fotografer Portrait Dengan Karyanya Yang Terkenal Di Dunia.

5. Architectural Photography (Arsitektur)



Photo by Brad Feinknopf

Architectural Photography adalah genre yang memotret bangunan dan struktur serupa sebagai representasi estetika. Fotografer arsitektur biasanya terampil dalam penggunaan teknik khusus dan peralatan pendukung fotografi.

6. Macro Photography (Makro)



Photo by Shikhei Goh

Macro Photography (atau Photomacrography atau Macrography) adalah genre fotografi yang fokus pada subjek berukuran kecil seperti serangga atau hewan kecil lainnya. Oleh sebab itu genre ini disebut juga sebagai fotografi close-up yang sangat ekstrim. Bahkan seorang fotografer makro bisa membidik mata serangga yang kecil seperti seekor lalat. Sedangkan bagaimana cara membuat foto makro silahkan baca di sini tipsnya.

7. Street Photography (Fotografi Jalanan)



Photo by Chau Sau Khiang
 
Street Photography adalah fotografi yang menampilkan kondisi manusia di tempat-tempat umum. Fotografi jalanan cuma istilah dan tidak selalu harus berada di jalanan atau bahkan lingkungan perkotaan. Yang terpenting objek atau lingkungan di mana gambar memproyeksikan karakter jelas manusia dalam faksimili atau estetika.

8. Fine-Art Photography



Photo by Allenbirnbach

Fine-Art Photography adalah genre fotografi dibuat sesuai dengan visi seniman sebagai fotografer. Genre fotografi ini berlawanan dengan fotografi representasional seperti Photojournalism (Jurnalistik) yang mendokumenterkan sebuah subjek dan peristiwa tertentu. Namun secara harfiah genre ini kembali menghadirkan realitas objektif bukan maksud subjektif dari fotografer.

9. Still Life Photography



Photo by Harold Ross

Still Life Photography adalah penggambaran subjek / benda mati, dan biasanya mengekspose sekelompok benda-benda yang saling berhubungan seperti menceritakan sesuatu. Genre ini berbeda dari jenis fotografi lainnya seperti landscape atau portraiture. Still life dapat memberikan kelonggaran pada seorang fotografer untuk menyusun elemen desain dalam sebuah komposisi. Namun untuk genre ini, fotografer dituntut untuk lebih menghadirkan "rasa" dan penggunaan pencahayaan yang halus. Silahkan Anda baca artikel tentang tips-tips untuk memulai fotografi still life di sini.

10. Fashion Photography



Photo by Max Jowitt

Fashion Photography adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan adalah untuk iklan atau majalah fashion. Seiring waktu, fotografi fashion ini telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode yang ditingkatkan dengan kehadiran lokasi eksotis atau aksesoris.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI