MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Manfaatkan Flickr Sebagai Tempat Aman Dan Gratis Menyimpan Foto


Sudah resiko seorang fotografer memiliki ratusan bahkan ribuan foto di laptopnya. Menghadapi situasi ini seolah-olah seorang fotografer wajib memiliki penyimpanan tambahan untuk mengamankan koleksi terbaiknya.

Sungguh sayang jika file masternya rusak atau harus menghapus foto kesayangan hanya karena masalah penyimpanan yang terbatas.

Saya pernah mengalami masalah yang sama. Kinerja laptop jadi lambat karena banyaknya penggunaan memory dan akhirnya kadang saya merasa sulit megolah foto-foto saya dengan performa laptop yang semakin down.

Terfikir solusi menghapus sebagian foto-foto kesayangan saya tapi rasanya gak rela. Apalagi jika semua foto itu di ambil dengan penuh perjuangan. :(

Mengandalkan penyimpanan tambahan seperti hardisk eksternal juga meragukan buat saya. Mungkin pengalaman hardisk saya yang rusak tanpa sebab.

Akhirnya saya mencari solusi lain yang aman dan murah (mau aman tapi murah). hehe.. Ada beberapa situs galeri foto dan photo sharing yang saya kunjungi tapi masih terdapat kelemahan seperti perlakuan resize otomatis (perubahan ukuran maksudnya). Ini sama saja saya tidak dapat mengamankan file master saya.

Setelah mencari dan mencari akhirnya saya nyasar ke Flickr. Berdasarkan review saya kalau Flickr adalah pilihaan yang tepat untuk mengamankan semua koleksi foto saya. Mau tahu alasannya?

  • Flickr menawarkan penyimpanan gratis sebesar 1000 GB alias 1 Terabyte. Wahh keren donk!!
  • Anda bisa mengatur foto-foto Anda menjadi privasi dan tidak dapat di akses oleh siapapun juga selain Anda.
  • Anda bisa mengunjuk skill dengan memperlihatkan hasil memotret Anda di sana.
  • Sistem Flickr bisa menampilkan data EXIF yang akurat lebih dari standar.
  • Sewaktu-waktu Anda bisa mendownload foto Anda sendiri dengan beberapa pilihan ukuran termasuk ukuran asli. Jadi foto Anda gak akan cacat.
  • Tersedia dalam aplikasi android yang bisa sinkron dengan kamera smartphone Anda. Jadi, ketika Anda memotret maka secara otomatis foto Anda langsung terunggah ke Flickr. Fitur ini bekerja hanya ketika Anda mengakitfkan layanan internet di smartphone Anda.
  • Banyak fotografer pro yang memanfaatkan Flickr sebagai tempat yang aman menyimpan foto.
  • Dan yang terakhir adalah GRATISSSSS.... hehe..

Cara menggunakan Flickr juga tidak sulit, Anda hanya perlu membuat sebuah akun Yahoo. Karena saat ini Flickr tidak lagi memperbolehkan pendaftaran melaui akun Google.

Saat ini saya sudah menyimpan 200 foto terbaik saya dengan ukuran asli. Kapasitas yang telah saya gunakan saat ini yaitu 0,097% dari 1000GB. Lumayan kan?

Tunggu apalagi, amankan foto Anda sekarang di Flickr.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI