MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

10 Pengetahuan Dasar Fotografi Yang Perlu Anda Pelajari


Fotografi bukan hanya soal bagaimana cara menekan tombol shutter. Fotografi juga tergolong seni yang rumit. Ia bukan hanya sekedar hoby melainkan rasa dan inovasi karya yang selalu berkembang.

Anda membeli sebuah kamera DLSR yang harganya jauh lebih mahal dari kamera saku hanya untuk sekedar jepret sana sini tapi tak mau mengembangkan keahlian, saya pikir hal itu hanyalah pemborosan isi kantong saja. Jika untuk sekedar berfoto ria lebih baik menggunakan kamera ponsel atau kamera saku. Tapi saya yakin kalau Anda berada di blog ini karena ingin mengetahui lebih lanjut tentang fotografi.

Belajar fotografi sebaiknya step by step. Jangan terlalu cepat melangkah ke tahap yang sulit jika tak tahu dasarnya dimulai dari mana. Karena itu hanya akan membuat Anda bertanya-tanya, bingung, dan akhirnya Anda akan kembali lagi ke tahap awal.

Di blog ini saya telah menulis beberapa tutorial dasar fotografi yang sangat penting untuk dipelajari oleh para pemula. Dan saya yakin para ahli lainnya juga akan merekomendaasikan ilmu yang sama. Berikut beberapa pengetahuan dasar fotografi yang perlu Anda pelajari:

1. Mengenal Kamera


Rekomendasi pertama adalah mengenal bagian-bagian penting kamera dan juga fitur serta kemampuan kamera Anda. Sebagai fotografer sudah seharusnya Anda menyatu dengan kamera Anda. Kenali dan pelajari fungsi dari tiap-tiap tombol yang tersebar di kamera Anda. Silahkan baca di sini untuk gambaran umum dari bagian-bagian kamera beserta fungsinya.

2. Cara Menekan Tombol Shutter


Tombol shutter adalah tombol yang Anda tekan untuk mengambil gambar (memotret). Cara menekan tombol shutter pada kamera DSLR berbeda dengan cara menekan tombol shutter pada kamera ponsel atau smartphone. Silahkan baca di sini untuk mengetahui cara yang benar menekan tombol shutter.

3. Mengenal Eksposur (Exposure)


Eksposur merupakan nyawa dari fotografi. Jadi, sangat direkomendasikan untuk Anda mengetahui dan menguasai apa saja yang berhubungan dengan eksposur. Baca di sini untuk mengenal apa itu eksposur. Adapun penjelasan untuk tiga elemen pembentuk eksposur (segitiga eksposur) yaitu:
  1. Shutter speed (baca tutorialnya di sini)
  2. Aperture / difragma (baca tutorialnya di sini)
  3. ISO (baca tutorialnya di sini)

Sedangkan materi lain yang berhubungan erat dengan pembahasan eksposur adalah memahami cara kerja Light Meter (baca di sini). Setelah menguasai segitiga eksposur silahkan Anda melakukan percobaan / praktek dengan menggunakan simulator kamera di sini.

4. Mengenal Mode Pemotretan


Semua kamera DSLR menyediakan pilihan pengoperasian kamera, mulai dari yang mudah (auto) sampai kepada pilihan pengoperasian manual, dan semua pilihan tersebut dinamakan sebagai mode / modus pemotretan. Namun yang saya rekomendasikan di sini hanyalah mode pemotretan yang memang diperlukan dalam pengembangan fotografi. Silahkan Anda baca di sini artikelnya.

5. Pengetahuan Tentang Lensa DSLR


Kamera terbagi dua yaitu body dan lensa yang dihubungkan ke body kamera. Untuk perkenalan fitur dan banyaknya tombol yang tersebar di body kamera telah saya rekomendasikan pada poin pertama di atas, maka berikutnya untuk Anda mempelajari materi yang membahas tentang lensa kamera:

6. Mengatur Fokus di Kamera


Penggunaan fokus tidak hanya menyangkut soal lensa saja. Ada pengaturan tambahan yang perlu Anda pahami cara kerjanya untuk bagaimana fokus itu benar-benar bekerja maksimal antara lensa dan kamera. Keliru menetapkan pengaturan fokus di kamera atau tidak tahu sama sekali adalah fatal akibatnya dan sangat mempengaruhi hasil gambar Anda. Berikut materi yang saya rekomendasikan:

7. Settingan Kamera


Selain segitiga eksposur, ada beberapa pengaturan kamera yang perlu Anda kuasai dan ini berhubungan erat dengan hasil pemotretan atau kata lain mendukung hasil foto dan kreasi Anda nantinya. Berikut materinya:
  • Mengenal macam-macam jenis shooting pada Drive Mode (baca di sini)
  • Mengenal White Balance (WB) dan cara penggunannya (baca di sini
  • Mengenal Picture Style dan cara menggunakannya (baca di sini

8. Dua Teknik Dasar


Teknik pertama: mengetahui cara yang benar membingkai adegan sesuai dengan kaidah fotografi, aturan ini dikenal Teknik Pengambilan Gambar (Type of Shot). Baca di sini untuk penjelasannya lebih lanjut termasuk macam-macam type of shot.
Teknik kedua: sangat direkomendasikan juga untuk Anda mengetahui macam-macam sudut pengambilan gambar (angle). Untuk penjelasan teknik ini silahkan Anda baca di sini materinya.

9. Belajar Menyusun Komposisi


Setelah Anda menguasai semua materi yang saya rekomendasikan di atas, maka saatnya Anda mulai masuk ke bagian keindahan yang sebenarnya dari fotografi, yaitu komposisi. Menyusun komposisi bisa menjadi mudah dan bahkan sulit, kadang diuntungkan oleh keadaan dan kadang juga Anda harus berfikir keras agar bagaimana adegan yang biasa menjadi luar biasa. Tentu saja ini butuh latihan. Karena komposisi lah sehingga tampak perbedaan antara gambar oleh profesional dengan gambar dari pemula, meskipun keduanya terlihat samar di mata Anda. Untuk pembahasan komposisi lumayan panjang dan saya membagi ke dalam dua artikel. Silahkan Anda mulai dengan membaca artikel pertama di sini.

10. Mengenal Genre Fotografi (Referensi)


Materi ini saya cantumkan sebagai referensi dasar bagi Anda yang pemula untuk mengenal karakter beberapa genre fotografi yang populer. Seperti seni musik yang memiliki banyak aliran (genre), maka fotografi juga memiliki banyak aliran fotografi. Silahkan baca di sini tentang 10 genre fotografi terpopuler yang paling banyak diminati hingga saat ini.

Sekali lagi saya ingatkan untuk belajar secara bertahap. Terus lakukan uji coba dan bermainlah dengan kamera Anda.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI