MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

10 Tips Penting Untuk Fotografer Pemula


Sebagai pemula mungkin Anda termasuk salah satu fotografer yang ingin menghasilkan karya hebat seperti yang terpampang di pameran online atau pada majalah fotografi. Sebelum Anda sampai ke tahap itu, tentunya Anda membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang fotografi.

Fotografi tidak hanya cara menekan tombol shutter tapi ia adalah seni dan keterampilan yang juga tak kalah rumit. Untuk beberapa orang, seni fotografi mungkin akan menjadi proses belajar yang panjang dan sulit. Namun bagi yang lain, itu bisa menjadi bakat alami. Tapi baiklah, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skill fotografi Anda dan semoga saja bisa membantu mengembangkan keterampilan Anda sebagai fotografer pemula. Langsung saja simak tipsnya berikut ini:

1. Jangan langsung membeli peralatan paling mahal


Mungkin karena alasan untuk mendapatkan foto yang sangat bagus sehingga sebagai pemula Anda nekad membeli kamera + perlatan pendukung yang sangat mahal. Tidak mengapa, tapi perlu Anda ketahui kalau sebuah kamera yang lebih mahal tidak berarti Anda akan menghasilkan foto yang lebih baik, kecuali Anda telah menjadi seorang yang ahli dalam fotografi dan benar-benar menguasai peralatan tersebut. Belajarlah secara bertahap dengan kamera Anda yang sederhana. Dan sebaiknya jangan mengupgrade peralatan sampai Anda benar-benar menguasai dasar fotografi dan membutuhkan pengembangan skill dengan peralatan yang lebih canggih.

2. Bergabung dengan forum fotografi


Ada sejumlah besar situs yang didirikan baik di Indonesia maupun di luar sana yang bisa Anda datangi untuk menimbah ilmu. Di forum Anda bisa meminta saran atau rekomendasi mengenai teknik atau perlatan yang cocok sesuai kebutuhan Anda. Simak baik-baik obrolan di forum yang membahas tentang kasus tertentu, karena bisa saja suatu saat Anda akan menghadapi kasus serupa.

3. Pastikan anda selalu berjalan dengan kamera Anda


Memang tidak harus setiap waktu. Tapi adakalanya kesempatan memotret (entah itu momen atau objek yang indah) datang tiba-tiba ketika Anda tidak mengharapkannya. Jika merasa berat dengan beban kamera DLSR, cobalah manfaatkan kamera ponsel Anda untuk mengambil peluang motret yang tak terduga. Dan dengan kamera ponsel Anda bisa mengambil foto referensi dari adegan yang ingin Anda kembangkan menggunakan kamera DSLR.

4. Mencari ide dan referensi


Cobalah Anda berkeliling di situs photo stream seperti 500px atau flickr. Lihat dan pelajari karya hebat para fotografer profesional di sana. Dengan begitu semoga bisa memberikan Anda ide-ide segar dari cara mereka mengambil gambar yang mungkin sebelumnya tidak terfikirkan oleh Anda. Belajarlah dari karya orang lain.

5. Jangan abaikan subjek sederhana


Anda mungkin tidak melihat sesuatu yang menarik untuk dibidik pada ruang tamu atau di taman, tapi cobalah melihat lingkungan yang akrab dengan mata yang segar. Seringkali subjek sederhana bisa menjadi foto terbaik. Cobalah berdiri di satu tempat tertentu sambil melihat sekelilingnya, lalu coba untuk mengambil lima atau enam tembakan. Otak-atik kamera Anda dan kembangkan kreasi Anda untuk mendapatkan foto terbaik sekalipun pada objek / subjek yang biasa-biasa saja.

6. Nikmati proses belajar


Hal terbaik memiliki hobi seperti fotografi adalah tidak pernah kehabisan hal untuk belajar. Inspirasi dan kesempatan selalu ada di sekitar Anda. Cobalah melihat segala sesuatu melalui mata 'seorang fotografer' dan Anda akan melihat kesempatan memotret yang Anda tidak pernah lihat sebelumnya.

7. Manfaatkan post-processing


Post-processing dapat melibatkan tweak sederhana seperti menghapus mata merah (red-eye), mengubah foto menjadi hitam dan putih, dll. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang pengolahan gambar maka Anda bisa memulai dengan mencoba software gratis seperti Paint.net (tidak harus bingung dengan Microsoft Paint). Ditambah dengan sebuah forum pengguna dan paint.net menawarkan fleksibilitas Adobe Photoshop tanpa biaya dan kompleksitas.

8. Selalu bereksperimen dengan settingan kamera Anda


Titik fokus dan tembakan kamera Anda mungkin lebih fleksibel dan kuat dari yang Anda tahu. Baca petunjuk manual untuk memahami semua simbol-simbol kecil pada kamera Anda (baca di sini tentang bagian-bagian kamera). Ketika Anda bereksperimen, cobalah membidik subjek dengan beberapa setingan yang berbeda-beda untuk mempelajari apa efek yang Anda suka. Ketika Anda sedang melihat foto Anda di komputer, Anda dapat memeriksa data EXIF ​​(biasanya dalam properti file) untuk mengingat pengaturan yang Anda gunakan.

9. Pelajari dasar fotografi


Di blog ini saya menulis beberapa ilmu dasar fotografi yang sangat penting untuk dipelajari, Anda bisa melihat semua artikel pemula di sini. Mulailah dengan mengenal bagian-bagian pada kamera. Kemudian rekomendasi saya agar Anda mempelajari tentang eksposur. Sedangkan untuk mencari ide atau referensi bisa dengan melihat karya orang lain dan saya mengumpulkan beberapa foto terbaik untuk inspirasi, silahkan Anda lihat di sini.

10. Memotret secara rutin


Cobalah untuk memotret sesuatu setiap hari. Jika Anda tidak bisa melakukan itu, pastikan Anda mengambil waktu senggang untuk berlatih secara teratur, sehingga Anda tidak lupa apa yang telah Anda pelajari selama ini. Sedangkan cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan bergabung ke forum fotografi. Ingat! ketika foto yang Anda hasilkan tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, sebaiknya hapus dan ulangi lagi.

Selain tips-tips di atas, sebaiknya Anda membaca 10 pengetahuan dasar fotografi yang sangat penting untuk diketahui oleh para pemula. Silahkan lihat di sini 10 artikel tersebut.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI