MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Panduan Menginstal File Action Di Photoshop


Secara umum aplikasi olah digital yang digunakan oleh para fotografer untuk mengolah foto mereka adalah Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Pada photoshop ada fitur edit instan yang disebut "action" yang dibuat oleh para pengguna photoshop kemudian disimpan agar bisa digunakan kembali tanpa harus repot-repot mengedit gambar dari awal lagi.

Mereka yang ahli dalam mengolah gambar berbagi banyak file action yang sudah mereka susun dan siap untuk Anda gunakan. Jadi, dengan file action yang sudah siap saji tersebut bisa mempermudah pekerjaan Anda dalam mengolah foto Anda. Tapi ada pula file action yang tidak dibagi secara gratis melainkan harus dibeli. Karena bagaimanapun juga itu hasil kreasi mereka yang harus kita hargai. Jadi berterima kasih lah pada mereka yang mau berbagi secara cuma-cuma.

Artikel ini bukan lagi membimbing Anda membuat file action tapi ini tentang cara bagaimana memasang (instal) file action di photoshop Anda. Karena banyak di kalangan pemula yang masih bingung bagaimana cara menginstal file action di photoshop. Langsung saja simak caranya berikut ini:

1. Sebagai percobaan, silahkan download salah satu file action di sini. Kemudian ekstrak filenya karena file tersebut masih dalam bentuk RAR.

2. Selanjutnya copy file action yang sudah diekstrak sebelumnya. Filenya berekstensi ".atn" dan bernama "Vintage Breeze.atn"

3. Jalankan photoshop Anda kemudian tekan tombol "Alt+F9" pada papan keboard untuk membuka menu action.

4. Kemudian perhatikan gambar dibawah, klik apa yang saya lingkari dengan warna merah.


5. Kemudian cari dan klik pilihan "Load Actions...". Perhatikan gambar di bawah ini:


6. Selanjutnya pastekan file action Vintage Breeze lalu klik "Load". Perhatikan gambar di bawah ini:


7. Hasilnya seperti gambar di bawah ini:


Mudahkan? Selanjutnya Anda tinggal mencoba keunggulan action tersebut seperti apa hasilnya jika diterapkan pada foto foto Anda.

Sedangkan untuk bagimana cara menggunakan fitur action dan menerapkannya pada foto Anda, silahkan baca di sini petunjuknya.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI