MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Tips Membuat Foto Hitam Putih (Black and White) Pada Subjek Manusia


Banyak yang mengira kalau foto hitam putih (black and white) itu hanya sekedar berwarna "hitam" dan "putih". Banyak pula yang mengira kalau foto hitam putih itu bisa diterapkan pada semua objek dan momen. Awalnya saya pun berfikir demikian tapi pemahaman saya berubah setelah mendengar sahabat saya yang menceritakan bahwa 2 folder foto hitam putih miliknya ditolak semua oleh seorang fotografer pro spesialis black and white asal Indonesia. Sepertinya ada sesuatu yang perlu diperhatkan lagi, sesuatu yang perlu didalami dalam membuat foto hitam putih.

Artikel saya kali ini cuma sekedar tips dasar yang saya yakin Anda semua ingin mengetahuinya. Baiklah kita mulai saja.

Dalam ilmu desain grafis khususnya "color" ada yang disebut sebagai RGB. Ia gabungan atau mewakili dari 3 warna yaitu Red (merah), Green (hijau), Blue (biru). Lantas apa hubungannya dengan foto hitam putih? Mari kita cari tahu jawabannya.

Apakah Anda mahir menggunakan photoshop? Jika iya, silahkan jalankan photoshop Anda sekarang. Ambil salah satu foto portrait (subjek manusia) untuk dijadikan percobaan. Setelah itu pilih tab "CHANNELS", perhatikan gambar di bawah:


Pada tab CHANNELS sesuai gambar di atas terdapat 4 channel warna dan channel yang pertama yaitu RGB yang merupakan gabungan dari 3 warna. Sedangkan 3 channel lainnya adalah channel yang mewakili masing-masing warna dari RGB yaitu channel Red, Green dan Blue. Ketika Anda memilih channel selain RGB entah itu Red, Green, atau Blue maka foto Anda akan berubah menjadi hitam putih. Tapi coba Anda perhatikan lagi, masing-masing dari ketiga channel tersebut menghasilkan warna hitam putih yang berbeda satu dengan yang lainnya. Silahkan Anda buktikan dengan mengklik satu persatu dari 3 channel tersebut.

Khusus untuk channel Red, warna hitam putih yang dihasilkan akan lebih cenderung cerah dan putih pada bagian kulit. Mau tahu alasannya?

Hanya ada satu warna dari RGB yang paling dominan dengan kulit manusia yaitu Red alias merah. Seputih apapun kulit Anda pasti masih memiliki unsur merah kecuali Anda tidak memiliki darah dalam tubuh. Nah, ketika Anda menggunakan channel Red maka warna yang dipilih untuk dikonversi menjadi warna "putih" adalah merah sedangkan yang lainnya menjadi bagian warna hitam. Oleh sebab itu pada channel Red kulit manusia akan menjadi lebih terang.

Khusus untuk channel Green, warna hitam putih yang dihasilkan masih dalam kadar normal. Karena selain warna merah, kulit manusia juga memiliki unsur warna kuning namun kadarnya lebih sedikit dari warna merah. Sedangkan Green alias hijau mendekati warna kuning. Oleh sebab itu pada channel Green warna hitam putih yang dihasilkan itu stabil dan tidak seekstrim channel Red. Mengapa? Karena pada kulit manusia unsur warna merah jauh lebih banyak ketimbang unsur warna kuning apalagi hijau. Paham?

Uraian di atas cuma penjelasan awal dengan photoshop, lalu bagaimana teori ini bisa diterapkan pada kamera?

Pada kamera canon tersedia picture style "Monochrome" dalam simbol (M). Secara default picture style monochrome adalah untuk foto hitam putih tapi dengan toning effect didalamnya kemudian bisa diubah menjadi sepia, blue, purple dan green. Nah, selain toning effect tersedia juga filter effect yang cara kerjanya sama seperti channel pada photoshop di atas. Perbedaanya pada filter effect terdapat 4 pilihan filter yaitu Yellow, Orange, Red, Green.

Jadi, kita bisa menarik kesimpulan bahwa ketika ingin membuat foto hitam putih pada subjek manusia dengan membuat "kulit" si subjek menjadi lebih putih maka cukup merubah filter effect menjadi Red. Tapi hati-hati, akan sedikit menggangu jika subjek mengenakan atribut atau properti berwarna merah seperti baju atau topi.

Apakah tujuan artikel ini hanya sebatas ini saja? 

Jawabannya tidak!! Justru ini menjadi awal untuk pengembangan kreasi Anda. Jika Anda bisa menarik kesimpulan lebih dalam dari penjelasan artikel saya ini, saya yakin Anda mampu mengembangkan teknik menghasilkan foto black and white yang lebih maju meskipun bukan hanya pada subjek manusia saja. Silahkan jalankan logika Anda sekarang.

Jangan lupa baca juga penjelasan tentang Picture Style dan cara menggunakannya di sini.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI