MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Perbedaan Objek dan Subjek Dalam Fotografi

Hal ini sepele dan lantaran sepelenya kerap diabaikan. Memang ini bukan soal teknik tapi dengan mengerti apa yang dimaksud dengan objek dan subjek pada fotografi Anda bisa paham setiap pembahasan fotografi yang menggunakan kedua kata tersebut, baik itu dikomunitas Anda, obrolan sama teman ataupun artikel di blog ini.


Objek bisa dikatakan sebagai adegan dalam skala besar. Misalkan Anda memotet sebuah desa yang kemudian di dalamnya terdapat gunung-gunung, sawah, rumah sawah, dan petani. Maka objek foto Anda bisa dikatakan objek "pedesaan". Sedangkan subjeknya adalah skala kecil yaitu apa yang terdapat di dalam objek seperti gunung, sawah, dll. Jadi, objek bisa juga seperti objek pantai, wisata, hutan, pegunungan, dll.

Sebenarnya mudah dan tidak sulit asal Anda "mau tahu". Selain objek dan subjek, ada 1 lagi yang penting untuk Anda ketahui yaitu subjek utama ialah subjek yang paling menonjol di antara subjek lainnya dan juga sebagai detail atau bagian spesifik dari adegan.

Lalu bagaimana cara menilai mana subjek yang paling menonjol?

Para ahli fotografi sepakat bahwa subjek utama adalah subjek yang paling "menarik perhatian" orang yang ketika pertama kali melihat foto Anda. Maka itulah subjek yang paling menonjol yang dikenal dengan istilah Poin of Interest (POI). Baca di sini untuk penjelasan lebih dalam tentang POI.

Pada gambar di atas objeknya yaitu sawah dan subjeknya yaitu manusia dan rumah sawah. Sedangkan subjek utama atau POI pada foto tersebut adalah manusia yaitu 3 orang perempuan yang berjalan di sawah.

Sekarang Anda sudah tau mana yang dimaksud dengan objek dan subjek. Sehingga ini memudahkan juga Anda untuk mengerti penjelasan dalam semua artikel panduan dan tutorial di blog ini yang menggunakan kedua kata tersebut.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI