MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

5 Langkah Membuat Foto Magical Berkomposisi Hutan dan Hewan


Sebelum saya masuk ke rincian tentang seluk beluk cara membuat gambar luar biasa seperti ini, saya ingin Anda semua untuk meluangkan satu menit saja untuk menghargai betapa sangat berbakatnya Mackenzie Johnson (dia yang menjadi model dalam foto ini, yang kemudian menjadi penyanyi dan penulis lagu di youtube). Tidak hanya menata rambutnya, makeup, dan berpose seperti seorang bos, tetapi dia benar-benar bermain dan bernyanyi untuk foto ini.



Penasaran bagaimana cara membuat foto magical seperti itu? Langsung saja simak tutorialnya berikut ini:

Memilih Background Gambar


Salah satu bagian yang paling penting yang Anda perlukan saat membuat wonderland woodsy yang cantik untuk foto seperti ini adalah memilih gambar hutan atau tema alam lainnya sebagai latar belakang.


Jadi sebaiknya luangkan waktu Anda untuk mencari objek hutan yang pas untuk bahan olahan Anda nantinya. Dan sebaiknya juga jangan mengambil karya orang lain jika Anda tak ingin ada masalah hak cipta dengan karya Anda nantinya. Sedangkan untuk karya ini, sang fotografer memperoleh gambar background dari pemberian anak laki-laki dari temannya yang bernama Sarah Anne loreth. Gambar hutan dengan kabut menurutnya sangat pas untuk gambar seperti ini.


Mengumpulkan Gambar Hewan


Setelah Anda memperoleh gambar hutan yang ideal, langkah berikutnya adalah menemukan beberapa foto hewan. Untuk karya hebat ini, sang fotografer ingin membuat gambar yang menghadirkan sosok spesial seperti Putri Salju, Cinderella, atau sosok putri Disney lainnya, ditambah dengan kerumunan satwa liar yang datang mendengar sang putri bernyanyi.


Tips: sebaiknya perhatikan posisi hewan dengan pencahayaan agar ketika digabung bisa menjadi kesatuan gambar yang serasi dan terlihat real.

Memotong Gambar Dengan Photoshop


Langkah selanjutnya adalah memotong gambar hewan dan memisahkan dari backgroundnya. Ini mungkin sangat rumit, mengingat sebagian besar hewan memiliki bulu, yang biasanya agak sulit untuk memotongnya dengan rapi. Belum lagi jika hewan berada di latar belakang yang cukup padat dengan warna berbeda dari bulu.


Rekomendasi dari sang fotografer gunakan "Refine Edge" karena fitur photoshop ini bisa memperhalus potongan gambar termasuk saat memilih helai kecil bulu ketika gambar akan dipotong.

Blending dan Color Matching


Karena sang fotografer memotret hewan dari beberapa tempat yang berbeda dengan skenario pencahayaan yang sedikit berbeda sehingga tidak satupun dari mereka cocok dengan background hutan di atas.


Semua foto hewan-hewan tersebut tampak sangat keluar dari warna foto hutan. Sebagai solusinya gunakan teknik Blending dan Color Matching.


Mengatur Warna dan Saturasi


Langkah berikutnya adalah melakukan penyusaian warna dan saturasi seluruh gambar menggunakan hue / saturasi pada menu adjusment layer. Langkah ini untuk membuat semua gambar hewan lebih terlihat menyatu dengan gambar yang lain dan ini mulai memberikan tampilan magis ala Disney.


Sang fotografer menambahkan color balance pada menu adjusment layar dengan mengatur tone sampai ke warna kuning dan merah pada mode highlight dan sedikit warna biru / cyan / hijau dalam mode shadows

Video Panduan


Masih bingung dengan penjelasan di atas? Mungkin Anda butuh panduan yang lebih jelas. Coba silahkan Anda simak video panduannya di bawah ini:



Tentang Sang Fotografer

Karya ini dipersembahkan oleh Robert Cornelius, seorang fotografer dan pemenang penghargaan Photoshop yang berbasis di Lebanon, Pennsylvania. Anda bisa melihat karya-karya hebatnya yang lain di website-nya (silahkan klik di sini). Tutorial ini juga dimuat di sana.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI