MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

8 Ide DIY Sederhana Untuk Smartphone Fotografi

Fotografi bukan hanya soal seberapa mahal dan canggihnya peralatan yang Anda miliki. Tapi fotografi lebih kepada siapa pemain dibalik kamera. Jawabannya adalah Anda bersama kemampuan, skill, dan ide yang Anda miliki adalah faktor utama dalam karir Anda di fotografi.

Anda belum memiliki sebuah kamera DSLR bukan berarti tak bisa berkarya. Gunakan kamera yang Anda miliki saat ini sekalipun itu hanya sebuah kamera saku atau kamera dari sebuah smartphone. So... jangan takut berkarya meski dengan peralatan seadanya.

Richard Schabetsberger, seorang fotografer asal Salzburg, Austria, berbagi trik dan ide sederhana untuk pecinta smartphone fotografi. Ide DIY tersebut dikemas oleh channel COOPH dalam sebuah video youtube berdurasi 3 menit yang semuanya berjumlah 8 trik.

Selain video, saya akan membagi 8 ide tersebut dalam bentuk tulisan di artikel ini. Simak sekarang juga:

#1: Gunakan Balon Untuk Foto Aerial (Foto Udara)



Anda dapat menggunakan balon helium dan benang (tasi) pancing untuk membuat foto / video dari udara.

#2: Gunakan Kacamata Riben Sebagai Filter



Kacamata riben dengan warna gradient dapat digunakan sebagai filter untuk memotret landscape (pemandangan) termasuk mengambil langit yang cerah.

#3: Menggunakan Karton Yang Dilubangi Jarum



Anda bisa menggunakan karton dari kardus bekas kemudian lubangi menggunakan jarum. Lubang kecil tersebut bisa Anda gunakan sebagai lensa untuk menghasilkan foto dengan efek yang unik dan juga untuk membentuk sebuah vignette.

#4: Membuat Frame 3D



Bingkai subjek utama seolah ia berada dalam frame 3D dengan menggunakan kertas berpotongan polaroid ala bingkai foto.

#5: Membuat Sebuah Foto 'Tiny Planet (Planet Kecil)'



Pertama ambil gambar landscape dengan fitur panorama (fitur ini tersedia di hampir semua smartphone). Kemudian download aplikasi pembuat foto Tiny Planeti. Atau juga Anda bisa menggunakan photoshop.

#6: Gunakan Teknik Foto High-Key



Caranya dengan menguunci eksposur pada kamera ponsel Anda sambil mengarahkan kamera pada daerah yang gelap seperti baju warna hitam untuk menaikkan eksposur yang bekerja auto. Teknik ini dikenal sebagai foto high-key gunanya untuk meningkatkan pencahayaan pada subjek utama dengan cara mentaktik eksposur di subjek yang gelap.

#7: Selfie Kreatif



Jangan hanya sekedar selfie tapi buatlah sesuatu yang beda. Gunakan ponsel Anda yang lain untuk menempatkan sebuah foto ke dalam foto selfie Anda.

#8: Membuat Sebuah Proyektor



Ini bagian yang paling menarik. Anda bisa menciptakan sebuah proyektor sederhana dengan menggunakan kardus ditambah dengan sebuah lensa kamera.

Bila uraian trik dan ide di atas kurang jelas, langsung saja simak video tutorialnya di bawah ini:



Gambar dan video merupakan hak cipta COOPH yang bersumber dari channelnya di youtube.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI