MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Aplikasi Untuk Membersihkan Noise Pada Foto


Penjelasan hemat saya bahwa noise timbul karena penggunaan ISO yang tinggi. Hal ini biasa terjadi ketika kita memotret pada kondisi pencahayaan yang minim apalagi jika bukaan maksimal diafragma lensa yang digunakan tidak mendukung (tidak terlalu lebar). Sehingga pada kondisi pencahayaan seperti itu adakalanya kita menggunakan ISO yang sangat tinggi untuk mendapatkan gambar dengan pencahayaan yang cukup. Tapi sayangnya cara ini tentu beresiko karena dapat menyebabkan munculnya noise yang sangat menggangu pada hasil gambar. Oleh sebab itu kebanyakan fotografer pro menyarankan penggunaan ISO yang ideal yaitu nilai 800. Sedangkan ISO di atas 800 dapat menyebabkan kadar noise yang tinggi.

Tapi ngomong-ngomong apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan noise? Pernakah Anda melihat bintik-bintik seperti butiran pasir pada foto Anda? Itulah yang dinamakan noise. Sedangkan penyebabnya yaitu penjelasan saya di atas.

Lalu bagaimana cara menghilangkan noise pada sebuah foto?


Saya pribadi menggunakan sebuah aplikasi yang kompatibel dengan photoshop yaitu Noiseware. Sebelumnya saya menggunakan sebuah file action untuk membasmi noise tapi noisware jauh lebih baik yang mana Anda bisa mengatur kadar penghapusan noise mulai dari yang normal sampai yang ekstrim. Sebagai contoh coba Anda perhatikan gambar di bawah ini:


Pada foto di atas saya menggunakan pembersihan noise yang ekstrim (full noise reduction) karena noise pada gambar sangat tinggi. Seperti yang saya jelaskan di atas tentang faktor timbulnya noise, maka foto ini salah satu contoh kasus yang mana saya memotret pada kondisi minim cahaya yaitu sekitar jam 6 sore, sehingga saya membutuhkan ISO yang tinggi untuk hasil yang cukup terang tapi menimbulkan banyak noise.

Sekarang Anda tak perlu khawatir lagi tentang noise. Tapi untuk mengetahui dimana Anda bisa mendapatlan aplikasi noiseware maka silahkan Anda cari sendiri di mbah google. hehe..

Jangan lupa baca juga pembahasan saya tentang cara memperbaiki foto yang tidak fokus di sini.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI