MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Aplikasi Windows Untuk Membuat Foto HDR

Saat ini HDR sedang menjadi efek idola dan di Indonesia banyak pengguna fotografer ponsel mengolah foto mereka menjadi HDR dengan menggunakan efek dari aplikasi android Snapseed.

Saya pun menggunakan Snapseed untuk mengolah foto saya dari kamera ponsel (baca di sini cara membuat foto HDR menggunakan Snapseed). Namun aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu hasil foto yang diolah melalui Snapseed memiliki resolusi terbatas.

Hal ini karena memang Snapseed merupakan aplikasi berbasis ponsel dan tentunya khusus untuk mengolah gambar dari kamera ponsel dengan resolusinya yang tidak sebesar gambar dari kamera DSLR. Namun juga tidak dipungkiri bahwa efek HDR Snapseed memang luar basa, sehingga saya pribadi dan mungkin juga Anda akan mengolah foto dari DSLR menggunakan Snapseed ini. Tapi lagi-lagi seperti yang saya katakan di atas bahwa Snapseed tidak mempuh mengolah foto dengan resolusi besar sehingga sungguh sayang jika foto-foto dari kamera DSLR saya harus berubah resolusinya menjadi lebih kecil dari ukuran maksimal.

Oleh sebab itu saya mencari aplikasi lain khusus PC yang bisa mengolah foto HDR sehebat Snpseed dan saya menemukan aplikasi ini, Photomatix Essentials, saya menggunakan V.4.

Apa keunggulan dari aplikasi ini?


Secara detail Anda bisa mengatur kadar efek HDR yang akan Anda gunakan, ingin HDR yang sedang atau ekstrim, Anda tinggal mengaturnya sesuai selera.

Aplikasi ini lumaya ringan saat digunakan dan tidak membebani performa laptop Anda.

Hasil olahannya tidak merubah resolusi dan Anda tetap bisa mengolah gambar dengan resolusi maksimal sekalipun.

Tersedia banyak efek HDR dan Anda bisa menyimpan settingan efek sendiri kedalam sebuah preset yang bisa Anda gunakan sewaktu-waktu.

Apakah Anda tidak penasaran dengan hasil olahan aplikasi ini? Apakah dia mempuh menyamai efek HDR dari Snapseed? Berikut foto-foto saya yang telah saya olah menggunakan Photomatix Essentials:






Bagaimana menurut Anda? Foto-foto saya di atas telah saya olah kembali menggunakan photoshop untuk mengatur ulang kecerahan dan saturasi gambar dan juga membersihkan noise yang umum menjadi masalah dari efek HDR (untuk aplikasi pembersih noise silahkan lihat di sini).

Klik di sini untuk download Photomatix Essentials all version.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI