MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Extender, Alat Untuk Menambah Focal Length Lensa


Judul artikel ini mungkin terlalu awam, ya saya sengaja karena memang mereka yang awam dengan fotografi belum mengenal nama dari alat ini.

Anda bisa menyebutnya Extender atau Teleconverter adalah alat untuk menambah focal length pada sebuah lensa. Sebagai contoh, sebuah lensa dengan maksimal panjang focal 250mm apabila dipasangi extender 2x maka panjang focal akan berubah menjadi dua kali lipat yaitu 500mm.

Extender atau teleconverter ini di pasang di anatara body kamera dan lensa. Untuk lebih jelasnya coba Anda perhatikan gambar di bawah ini:


Untuk extender produk canon yang paling sering diunggulkan yaitu Canon EF 1.4x Mark III dan Canon EF 2x Mark III. Harga kedua extender ini sekitar 4 jutaan. Lumayan mahal untuk produk yang memang jauh berkualitas bila dibandingkan dengan extender murah dari produk thrid party.

Bila extender third party yang dijual murah umumnya hanya untuk menggandakan panjang focal lensa, maka kedua extender canon di atas memiliki fungsi lebih. Tidak hanya memiliki elemen optik, melainkan juga komponen elektro dan prosesor yang bisa terhubung dengan baik dengan kamera.

Konsekuen atau Resiko Menggunakan Extender


Alat ini memang sangat membantu khususnya bagi Anda yang hoby memotret jarak jauh. Tapi bukan berarti ini tidak memiliki resiko. Bila extender atau teleconverter 2x dapat menggandakan focal length sebanyak 2x (misalkan focal length lensa adalah 250mm x 2 = 500mm) maka aperture atau diafragma lensa juga akan berkurang sebanyak 2x (misalkan max diafragma lensa ersebut adalah 3.5 x 2 = 7).

Kesimpulannya ini sedikit banyak mempengaruhi kualitas gambar khususnya pada ketajaman dan kecerahan gambar. Dan ini akan sangat terasa pada extender yang murah maupun yang mahal. Baca di sini tentang aperture atau diafragma agar Anda bisa paham apa yang saya maksud di atas.

Selain itu, jika menggunakan extender yang sesuai dengan merk kamera Anda (misalkan: extender canon untuk kamera canon), maka komunikasi kamera dengan lensa yang dipasangi extender masih dalam keadaan normal. Namun jika menggunakan extender third party biasanya akan mengakibatkan hilangnya komunikasi elektro antara lensa dengan kamera, seperti tidak berfungsinya Auto Focus dan IS (Image Stabilization) pada lensa, bahkan Anda tidak bisa mengatur aperture / diafragma lensa yang dilakukan dari kamera.

Kesimpulan akhir, tidak ada extender / teleconverter yang sempurna. Tapi setidaknya produk asli jauh lebih berkualitas ketimbang produk third party.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI