MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Membuat Lensa Macro Menggunakan Tabung Kardus


Jika fotografi macro adalah hoby Anda mungkin saja saat ini Anda telah menghabiskan jutaan rupiah untuk membeli peralatan pendukung macro seperti Extension Tube dan Filter Close-Up bahkan mungkin lensa macro kelas pro.

Semua peralatan di atas memang ada yang dijual dengan harga yang sangat murah tapi jangan heran dengan kualitasnya yang tidak memuaskan. Lantas bagaimana solusinya? Ketimbang membeli alat murah tapi kualitas rendah kenapa tidak mencoba membuat peralatan sendiri?

Tak perlu bingung, Anda bisa mengikut ide DIY ini. Hanya memanfaatkan tabung kardus sebagai penyambung antara body kamera dengan lensa. Anda bisa menggunakan lensa fix 50mm dan jika ragu akan ada kerusakan terhadap body kamera maka Anda bisa menggunakan body tua. Tapi jika dilakukan dengan hati-hati semua akan aman-aman saja.

Bahan:

- Tabung kardus
- Body Cap (penutup kamera yang terpasang di depan, lubang tempat masuknya lensa)
- Tape (solasi)

1. Membuat dudukan tabung



Karena ini tabung kardus yang tidak memiliki drat, oleh itu kita akan menggunakan body cap yang sudah tak digunakan lagi, kemudian lubangi tengahnya menggunakan bor listrik. Besarnya lubang harus sesuai dengan besarnya tabung.

2. Menggabungkan tabung dengan cap



Setelah cap selesai dilubangi selanjutnya gabungkan dengan tabung. Cari tabung kardus yang kokoh yang ukurannya sesuai dengan cap. Jika tidak ada atau ukurannya sedikit longgar ketika dipasangi di cap, maka gunakan tape (solasi) untuk mengikat tabung dengan cap agar tabung tidak mudah goyang bahkan lepas.

3. Siapkan tabung



Potong tabung sekitar 15cm. Sebenarnya ukuran yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada lensa yang Anda gunakan. Tapi itu ukuran panjang tabung yang direkomendasikan. Sedangkan untuk menghentikan cahaya yang mungkin akan masuk dari cela body tabung maka gunakan kertas hitam di dalamnya.

4. Menghubungkan tabung dengan lensa



Kita akan menggunakan teknik umum macro yaitu teknik lensa terbalik. Hubungkan tabung dengan bagian depan lensa menghadap tabung. Gunakan tape untuk mengikat erat tabung dengan lensa. lakukan pekerjaan ini dengan baik.

Jika bagian belakang lensa Anda terdapat tuas untuk mengatur aperture, maka atur untuk bukaan aperture terlebar (fully open) dan gunakan tape untuk menahannya.

5. Percobaan pengambilan gambar



Langkah terakhir silahkan seting kamera Anda dan gunakan modus pemotretan manual (M) lalu ambil beberapa gambar sebagai percobaan. Jika Anda belum tahu menggunakan mode manual silahkan baca tutorialnya di sini.

NB: Dikarenakan lensa tidak terhubung langsung dengan body kamera maka Anda tidak bisa mengatur aperture dan menggunakan fitur pada lensa seperti Auto Focus dan Image Stabisation (IS).

Selamat mencoba!!

Jangan lupa baca juga artikel lain seputar fotografi macro:

- Tips Mengatasi 3 Masalah Umum Foto Makro Dengan Gelas Plastik
- 7 Tips Membuat Foto Makro (Macro Photography) 
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI