MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Tips Memilih Warna Dalam Fotografi

Menggunakan kombinasi warna dalam foto-foto Anda adalah cara yang baik untuk membuat foto terlihat menonjol. Jangan remehkan kekuatan warna, karena cara ini bisa membuat mereka yang melihat foto Anda melahirkan presepsi tentang karya Anda. Ini ide yang baik untuk berpikir tentang apa yang ingin Anda sampaikan dengan warna yang Anda gunakan. Seperti warna-warna tertentu yang selalu mempengaruhi kita dengan cara-cara tertentu.

Sebagai contoh, kita semua tahu bahwa merah adalah warna yang sangat kuat tapi tergantung pada konteks apa warna merah itu dapat menyampaikan pesan yang berbeda. Jika Anda menggunakan banyak pencahayaan merah saat memotret dalam ruangan, maka itu akan menyampaikan kesan tentang "cinta dan nafsu".  Tapi jika pencahayaan merah digunakan semisal memotret seorang petinju maka ia akan melahirkan kesan kekuatan dan kemarahan.

Sebagai aturan, merah cenderung membangkitkan lebih banyak energi dan gairah sedangkan warna dingin seperti biru membangkitkan perasaan lebih tenang dan lebih terpusat. Oleh sebab itu biru sering digunakan pada gambar atribut perusahaan.

Biasanya karena terlalu percaya diri menggunakan kombinasi beberapa warna, banyak fotografer yang mencoba menggabungkan beberapa warna. Ada yang sekedar bereksperimen dan ada yang asal menggunakannya dan mengira hasilnya sudah serasi.

Sebaiknya Anda harus berhati-hati tentang pesan yang ingin Anda sampaikan menggunakan warna. Ada beberapa kombinasi warna yang Anda butuhkan namun ada juga yang harus diwaspadai. Oleh sebab itu gunakan kombinasi warna dengan ekstra hati-hati.

Kombinasi Warna


Ketika warna seperti merah dan hijau dikombinasikan Anda harus sangat berhati-hati agar gambar tidak terlihat seperti kartu Natal. Bersama dua warna ini sekarang telah menjadi identik dengan tema musim dan sebagai hasilnya kombinasi warna tersebut sangat sulit untuk menceritakan kisah yang berbeda.

Sedangkan pasangan warna merah dan biru sering digunakan dalam film untuk menandakan keadaan darurat karena mereka mewakili warna sirene. Oleh sebab itu Anda juga perlu berhati-hati ketika menggunakan kombinasi warna ini.

Teori Warna


Dari pembahasan di atas maka kita sudah melihat beberapa kombinasi warna yang Anda harus teliti bila menggunakannya, selanjutnya mari kita lihat beberapa kombinasi warna yang baik dan menarik untuk diterapkan. Perhatikan roda warna di bawah ini untuk kombinasi warna komplementer.



Sebagai panduan standar, saya akan selalu mengatakan bahwa warna komplementer akan bekerja sama dengan baik. Warna komplementer adalah warna yang berlawanan satu sama lain pada roda warna. Salah satu pasangan warna yang tidak pernah gagal untuk mengesankan adalah kombinasi warna orange dan biru, kombinasi warna ini selalu menyenangkan untuk mata. Anda bisa melihat foto saya di bawah ini:


Bila merah dan hijau berkesan melambangkan natal, maka oranye dan biru melambangkan kehangatan matahari terbenam atau pantai, dan kemurnian langit atau laut. Kombinasi warna ini dapat ditemukan di sekitar kita bahkan Anda akan menjumpainya pada logo dan desain untuk film dan lukisan.


Selain kombinasi warna orange dan biru, saya juga telah mengkombinasikan warna kuning dan biru seperti foto saya di atas. Hasilnya berkesan sejuk sekaligus hangat dan tetap enak dipandang.

Semoga tips ini bermanfaat, selamat berkarya.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.

Artikel Lainnya

KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI