MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Tips Membentuk Distorsi Perspektif Pada Foto Landscape

Ada beberapa cara agar foto pemandangan Anda tidak terlihat kaku dan biasa-biasa saja. Bahkan ada cara untuk membuat objek sederhana terlihat luar biasa dalam bingkai gambar. Ini soal teknik dan pengetahuan, dan saya tidak akan banyak menekankan untuk menggunakan lensa ultra-wide (sudut lebar) super mahal untuk foto landscape yang ajib, karena dengan sedikit tips Anda masih bisa mengambil foto landscape yang baik meskipun dengan lensa kit standar 18-55mm.

Sebelumnya saya telah menulis tentang jenis-jenis distorsi pada lensa, dan salah satu distorsi yang akan saya angkat dalam pembahasan kali ini adalah "distorsi perspektif" yang tidak ada hubungannya dengan optik lensa. Jadi, syarat pertama bagi Anda silahkan pahami dulu apa itu yang dimaksud dengan distorsi perspektif. Silahkan baca pembahasannya di sini. Kalau sudah paham, silahkan Anda balik lagi ke artikel ini. Oke? Baik kita mulai!!

Distorsi optik pada lensa super wide atau fisheye, merupakan senjata yang handal untuk foto landscape yang luar biasa. Tapi karena soal harga lensa yang mahal sehingga tidak semua orang bisa memiliki lensa seperti itu. Nah, itulah tujuan dari artikel ini, bagaimana kita bisa menghasilkan foto landscape yang tak kalah menarik meski dengan lensa standar. Dan kita hanya akan memanfaatkan distorsi perspektif. Agar Anda tidak penasaran seperti apa hasil dari tips ini, coba Anda perhatikan foto saya di bawah ini:


Foto saya di atas memang tidak sepenuhnya adalah landscape, tapi objek (bukan subjek manusia) pada foto di atas bisa menyampaikan apa yang saya maksud dalam artikel ini. Dan foto di atas saya ambil menggunakan focal length 18mm.

Menurut standar penilaian saya untuk foto landscape yang luar biasa itu adalah dimana langit dan bumi dapat membentuk ruang dimensi dan tidak terlihat datar. Maksudnya gini, ketika langit sebagai atap dan bumi sebagai lantainya, kemudian keduanya bertemu pada satu titik yang jauh dalam sebuah gambar, maka terbentuklah ruang dimensi seperti ilustrasi di bawah ini:


Dengan melihat ilustrasi dan foto pertama saya di atas, pasti Anda mengerti apa yang saya maksud. Jadi, tipsnya adalah sebagai berikut:

Pemilihan Jarak Objek


Distorsi perspektif dipengaruhi oleh jarak, maka tips pertama yaitu pilih jarak objek yang jauh dari Anda, sedangkan untuk jarak subjek terserah Anda (relatif) tapi lebih baik pilih subjek yang berjarak dekat. Ingat, yang saya maksud adalah objek dan bukan subjek (baca di sini tentang perbedaan objek dan subjek). Pada foto pertama saya di atas, objeknya adalah pemandangan langit dengan komposisi awan serta warna dari bias cahaya sunset, sedangkan subjeknya adalah 3 manusia narsis yang sedang beraksi di depan kamera, hehe..

Pemilihan Angle


Apakah Anda sudah tahu jenis-jenis angle atau sudut pandang? Kalau belum tahu, silahkan baca di sini artikelnya. Jangan samakan aturan memotret landscape dengan aturan memotret model. Umumnya, saat memotret model dengan menjaga agar tubuh dan kepala model tetap proporsional, maka biasanya fotografer menggunakan angle yang aman yaitu Eye Level atau Normal Angle. Tapi, jika Anda menggunakan cara yang sama untuk memotret landscape dengan lensa standar 18mm, maka hasilnya akan datar-datar saja. Kecuali Anda menggunakan lensa ultra-wide atau fisheye, maka angle apapun yang Anda pilih tetap hasilnya luar biasa karena pengaruh distorsi bawaan lensa. Paham?

Jadi, tips kedua yaitu: untuk membentuk dimensi langit gunakan Low Angle atau Frog Eye Angle dengan menyisakan sedikit area bumi, sedangkan untuk membentuk dimensi bumi gunakan High Angle dengan menyisakan sedikit area langit. Kita menggunakan cara ini karena focal length yang kita gunakan cuma 18mm dan bukan seperti lensa ulta-wide yang rata-rata adalah 12-10mm. Untuk foto saya di atas menggunakan Frog Eye Angle sehingga langit terlihat berdimensi. Adapun contoh gambar landscape menggunakan High Angle dengan lensa 18mm, silahkan Anda perhatikan foto saya di bawah ini:


Mengetahui Faktor Yang Membentuk Dimensi


Perlu Anda ketahui, apapun jenis angle dan apapun jenis lensa yang Anda gunakan, tidak akan membentuk dimensi apa-apa jika langit dan bumi "kosong" tanpa subjek atau kurang subjek. Untuk membentuk dimensi pada langit Anda membutuhkan bantuan awan yang padat, apalagi jika awan membentuk sebuah barisan di langit. Maka faktor terbentuknya dimensi langit pada foto pertama saya yang paling atas adalah subjek awan yang padat. Adapun faktor terbentuknya dimensi bumi pada foto kedua saya di atas adalah subjek perahu yang jumlahnya juga lebih dari satu.

Sekarang Anda sudah mengerti rahasianya dan coba bayangkan apabila pada kedua foto saya di atas tidak ada subjek awan maupun subjek perahu, maka kira-kira hasilnya seperti foto saya di bawah ini:


Foto di atas saya ambil menggunakan focal length 18mm dengan pemilihan Frog Eye Angle. Tapi apa hasilnya? Tanpa adanya bantuan subjek di langit dan di bumi maka foto ini terlihat datar-datar saja.

Inti dari artikel ini adalah bagaimana cara agar kita bisa menghasilkan foto landscape yang tidak kalah menarik sekalipun hanya menggunakan lensa dengan focal length 18mm. Kenapa harus memlih focal length 18mm? Karena kebanyakan mereka yang pertama kali membeli kamera baru, hanya menggunakan lensa paket kamera tersebut yaitu kit 18-55mm.

Oya, karena foto-foto yang saya tampilkan di sini kebanyakan adalah foto sunset, jika Anda tertarik silahkan baca artikel "Belajar Memotret Sunrise Dan Sunset" di sini.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.

Artikel Lainnya

KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI