MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Extension Tube, Alat Yang Anda Butuhkan Dalam Fotografi Makro


Ada beberapa teman saya yang sering bertanya tentang Extension Tube dalam fotografi makro. Jujur, saya sendiri tidak terlalu sering bermain makro dan belum melakukan eksplorasi yang cukup untuk mengulas tuntas mengenai genre fotografi ini. Tapi saya menemukan beberapa referensi luar yang membantu saya untuk menjawab "apa itu extension tube" dan sejauh apa kegunaannya dalam fotografi makro (macro). Silahkan simak pembahasan saya mengenai hal ini.

Hubungan Jarak Fokus Minimum Dengan Extension Tube


Setiap lensa memiliki jarak fokus minimum (minimum focusing distance) dan ini bervariatif, tidak semua lensa memiliki jarak fokus yang sama. Sayangnya banyak pemula yang tidak memperhatikan hal ini, akan tetapi ketika Anda mulai masuk ke dalam genre fotografi makro, maka jarak fokus minimum akan menjadi problem yang pertama Anda hadapi.

Minimum focusing distance (MFD) adalah batas jarak fokus sebuah lensa terhadap subjek yang akan difoto. Jika misalkan ada sebuah lensa khusus makro bisa mengambil gambar sebuah subjek dengan jarak "hanya 25cm", maka lensa lain termasuk lensa standar belum tentu / bahkan mungkin tidak bisa melakukan hal seperti itu. Hal ini disebabkan oleh jarak fokus minimum yang berbeda antara lensa makro dengan lensa yang bukan khusus makro. Dan lensa makro sudah pasti memiliki jarak fokus yang sangat pendek (semakin pendek, semakin bisa dekat dengan subjek).

Nah, berangkat dari masalah di atas, maka produsen lensa mengeluarkan sebuah alat sebagai solusi mengatasi masalah jarak fokus minimum pada lensa "yang notabene bukan khusus makro". Dan alat inilah yang dinamakan Extension Tube (tabung ekstensi). Jadi, extension tube adalah alat untuk memperpendek jarak fokus sebuah lensa". Silahkan baca di sini pembahasan lengkap tentang minimum focusing distance.

Apa masalahnya jika tidak menggunakan extension tube?

Ketika Anda ingin memotret "mata se-ekor lalat", sudah pasti Anda membutuhkan jarak yang sangat dekat dengan lalat tersebut. Tapi jika jarak fokus minimum lensa yang Anda gunakan tidak mendukung, maka sekalipun Anda menempelkan lensa kamera Anda ke mata lalat tersebut, maka hasilnya mata lalat tidak akan fokus dengan baik alias "gagal".


Kesimpulannya bawah ini bukan hanya soal "jarak lensa dengan subjek" melainkan lebih kepada jarak fokus minimum sebuah lensa. Jika lensa Anda hanya mampu fokus sampai dengan jarak 5cm, tentunya tidak akan bisa fokus lagi pada jarak "kurang dari 5cm". Sedangkan dalam fotografi makro sangat erat hubungannya dengan jarak fokus. Maka di saat seperti itulah Anda membutuhkan bantuan extension tube.

Ukuran Extension Tube


Extension tube ini tersedia dalam berbagai ukuran. Seperti merk Kenko yang menyediakan extension tube dengan ukuran 12mm, 20mm dan 36mm. Semakin tinggi nilainya, maka semakin dekat jarak fokus minimum yang Anda dapatkan. Ketiga ukuran di atas merupakan size yang umum diberlakukan pada extension tube untuk semua merk, dan biasanya ketiganya tersedia dalam 1 set penjualan. Akan tetapi saat menggunakannya Anda bisa memilih salah satu dari 3 extension tube atau menggambungkan 2 atau 3 extension tube sekaligus.


Untuk menjawab sejauh mana pengaruh extension tube terhadap lensa yang digunakan, maka di bawah ini saya akan tampilkan perbandingan antara hasil gambar "tanpa" menggunakan extension tube dan yang menggunakan extension tube, yang diambil menggunakan lensa prime (fix) 50mm f/1.8:


Tidak hanya untuk lensa non-macro, ada banyak fotografer yang sengaja menambahkan extension tube pada lensa makro mereka. Seperti uji coba di bawah ini yang menggunakan lensa prime Nikon 85mm /3.5G Macro:


Extension Tube Terbaik


Rekomendasi terbaik adalah produk yang sesuai dengan merk lensa yang Anda gunakan. Misalkan Anda menggunakan lensa Canon, maka sebaiknya gunakan pula extension tube milik Canon. Namun karena persoalan harga yang lumayan mahal, maka banyak di Indonesia yang menggunakan produk third-party yang kompatibel dengan lensa yang digunakan, seperti merk Kenko yang saya sebutkan di atas. Namun saran saya hati-hati terhadap extension tube yang dijual murah.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel "Alat Untuk Menambah Panjang Focal Pada Lensa".
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI