MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Mengubah Foto Menjadi Infrared Menggunakan Photoshop


Tidak semua pemula mengetahui kreasi foto infrared. Sekilas mungkin terlihat mudah, tapi sesungguhnya ada pertimbangan dan membutuhkan analisa objek yang tepat untuk menangkap gambar infrared.

Sejatinya kreasi foto infrared ini membutuhkan bantuan sebuah filter khusus yang dipasang pada lensa kamera. Meskipun demikian, cara tersebut juga membutuhkan "post-processing (olah digital)" sebagai langkah terakhir untuk lebih memaksimalkan sebuah foto infrared.

Adapun artikel ini hanya membahas bagaimana cara mengubah foto biasa menjadi infrared, bukannya cara mengolah foto infrared yang diambil menggunakan filter. Memang benar, ada cara lain sebagai solusi untuk menangkap foto infrared tanpa menggunakan filter, yaitu hanya dengan menginstal sebuah Picture Style khusus infrared (baca di sini cara instal picture style). Akan tetapi menurut saya cara tersebut tidak kondisional dan kadang-kadang hasilnya tidak maksimal juga bahkan bisa gagal. Alasannya cukup panjang jika saya membahasnya di sini.

Olah karena itu saya memilih untuk membagi tips ini dan Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana untuk membuat foto infrared.

1. Jalankan photoshop di laptop Anda dan silahkan simpan (save) foto saya di bawah ini untuk dijadikan sebagai bahan percobaan.

(klik gambar, klik kanan lalu simpan gambar)

2. Setelah disimpan, masukkan gambar ke photoshop. Selanjutnya "duplikat" gambar dengan menekan tombol "Ctrl + J" pada papan keyboard Anda.

3. Kemudian tekan tombol "Ctrl + I" untuk meng-invert gambar duplikat, dan hasilnya seperti di bawah ini:


4. Setelah itu ubah mode "Normal" menjadi "Color". Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:


5. Pada langkah di atas akan terjadi perubahan tonal pada gambar. Maka selanjutnya kita melakukan pengimbangan warna dengan menambahkan "Channel Mixer". Caranya perhatikan gambar di bawah:


6. Pada Channel Mixer, silahkan ubah nilai Output Channel: Red dan Blue sesuai petunjuk yang ada pada gambar di bawah:


Output Channel: Red
Red: 0
Green: 0
Blue: +100

Output Channel: Blue
Red: +100
Green: 0
Blue: -10

7. Langkah terakhir silahkan tambahkan "Hue/Saturation" dan ikuti petunjuk sesuai gambar di bawah ini:


Mode Reds
Hue: 0
Saturation: -100
Lightness: +100

Mode Yellows
Hue:-15
Saturation: -25
Lightness: 0

Mode Magentas
Hue:-50
Saturation: 0
Lightness: +25

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar maka hasil akhir gambar berubah seperti di bawah ini:


Tips Tambahan Foto Infrared


Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua objek/subjek bisa diterapkan kreasi foto infrared seperti foto dengan subjek manusia. Jika Anda memaksa, maka jangan heran kalau kulit manusia yang ada dalam foto tersebut berubah seperti kulit alien, hehe..

Adapun objek yang lebih cocok adalah objek pemandangan (landscape). Cari pemandangan yang memiliki banyak pepohonan dan daun yang rimbun. Karena efek warna infrared akan lebih terasa pada warna daun sehingga terlihat seperti musim salju, namun awan tetap memegang warna birunya. Itulah konsep umum pada foto infrared. Ya, kurang lebih seperti itu gaeesss!

Okey, semoga tutorial sederhana ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda sekalian.

Jangan lupa baca juga: 5 Langkah Membuat Foto Magical Berkomposisi Hutan dan Hewan
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI