MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Kreasi Foto Street Portrait Menggunakan Lensa Ultra-Wide 8mm


Seorang fotografer jalanan (street) Willem Jonkers sering mangkal di area Rotterdam, Belanda, berbekal lensa ultra-wide-angle 8mm fisheye. Dengan penuh percaya diri dia kemudian mendekati orang asing yang lalu-lalang di sekitar situ untuk jadi subjek dalam foto-fotonya. Tidak hanya memotret dengan jarak dekat, bahkan ia nekad mengambil gambar orang asing dengan posisi sangat rendah (frog-eye angle).

Koleksi foto ultra-low & ultra-wide Street Portrait karya Willem Jonkers menunjukkan semacam efek "Gulliver" yang membuat subjeknya terlihat seperti raksasa yang sangat besar menjulang di setiap adegan pada foto-fotonya. Hal tersebut disebabkan pemilihan angle yang sangat rendah, dan ini pernah saya bahas pada artikel mengenai jenis-jenis sudut pandang atau disebut angle (silahkan baca di sini artikelnya).


Adapun trik yang dilakukan Willem adalah mengambil gambar dengan jarak "kurang dari 1 kaki" dari subjek (manusia) dan mengisi seluruh frame dengan subjek tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda saksikan pada video di bawah ini:


The most asked question I've got in 2015: Here's the answer on video...Not all good shots (how could it be all good, right?), but you'll get a pretty good idea on how I do low angle fish eye street photography :D
Dikirim oleh Willem Jonkers pada 28 Desember 2015


Perlu Anda ketahui bahwa lensa jenis "wide", mulai yang standar sampai yang ekstrim memiliki distorsi optik dengan karakter cembung yang disebut distorsi "barrel" (baca di sini untuk mengenal jenis-jenis distorsi lensa).

Sedangkan pemilihan angle rendah juga dapat membentuk sebuah distorsi "perspektif", sehingga dengan pengaruh dua faktor di atas maka terbentuklah distorsi yang cukup ekstrim, seperti yang Anda lihat pada foto-foto Willem. Paham gaess??

Oleh sebab itu tidak sembarang cara menggunakan lensa wide pada potret subjek "manusia". Anda harus tahu posisi tepat berdirinya si subjek agar bentuk tubuh tidak terlihat kacau (khususnya bagian kepala) dikarenakan pengaruh distrosi optik dari lensa wide. Akan tetapi jika Anda tahu triknya, maka itu bisa menghasilkan sebuah foto yang unik dengan lensa wide. Dan oleh sebab itu juga sehingga saat ini sedang populer pengambilan foto pre-wedding menggunakan lensa wide. Gak percaya? Silahka cek di kampung Google gaesss.. hehe..

Okey, mari kita lihat bersama seperti apa uniknya foto street portrait karya Willem Jonkers. Semoga koleksi briliannya ini bisa membawa inspirasi untuk kita semua.














Photo Credit: Willem Jonkers | Via ISO 1200

BACA JUGA: Seorang Fotografer National Geographic Yang Menggunakan iPhone 5S
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI