MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Trik Membuat Background Super Bokeh Menggunakan Aluminium Foil


Sebuah foto dengan latar belakang (background) yang membentuk sejumlah karakter shape lingkaran / seperti bola atau lebih dikenal dengan istilah "bokeh" adalah kreasi fotografi yang masih menjadi favorit hingga saat ini. Saya pernah menulis artikel mengenai dasar-dasar membuat background menjadi blur (silahkan baca di sini) dan artikel kali ini bisa juga dikatakan sebagai pengembangan dari artikel tersebut.

Hemat saya menyimpulkan bahwa trik sederhana ini adalah ide yang sangat sangat dan sangat brilian. Meskipun sederhana, tapi tidak mudah mendapat ide sebaik ini. Anda hanya memerlukan peralatan sederhana yaitu selembar kertas perak (aluminium foil) dan bantuan lampu flash eksternal.

Oke gaess, untuk lebih jelas silahkan simak apa saja yang Anda butuhkan untuk melakukan trik ini.


  • Kamera DSLR
  • Lensa dengan aperture besar (rekomendasi fix 50mm f/1.8 atau mendekatinya)
  • Lampu flash eksternal dan trigger wireless 
  • Lampu sorot berdaya kecil atau setaranya
  • Aluminium foil atau kertas kado warna perak
  • Meja
  • Gunting dan tape

Step 1


Ambil selembar aluminium foil lalu remas hingga menjadi kusut seperti gambar di bawah:



Step 2


Pajang alumium foil di dinding sebagai latar foto dan lekatkan dengan bantuan tape. Perhatikan gambar di bawah ini:


Step 3


Tempatkan lampu flash di bawah meja yang akan Anda gunakan untuk meletakkan subjek, dan arahkan flash ke aluminium foil. Supaya Anda tidak bingung seperti apa tata letaknya coba perhatikan gambar di bawah ini:



Step 4


Letakkan lampu sorot di samping kiri subjek, dan letakkan selembar kertas putih di depan lampu sorot. Kertas tersebut berfungsi sebagai softbox untuk mengurangi kerasnya cahaya yang mengenai subjek yang akan difoto. Untuk tata letak keseluruhan silahkan lihat gambar di bawah ini:


Step 5


Nah, selanjutnya matikan lampu ruangan Anda (bukan flash atau lampu sorot) dan mari lakukan percobaan dengan mengambil beberapa gambar. Hasil dari trik ini kurang lebih seperti gambar di bawah ini:


Bagaimana gaess, geren gak? Untuk menambah kreasi warna pada latar belakang yang bokeh tersebut yaitu dengan menggunakan gel warna-warni pada flash yang Anda gunakan, seperti pada gambar di bawah ini:



Sekarang mari kita lihat semua hasil dari trik membuat background super bokeh menggunakan aluminium foil:





Berikut ini adalah sedikit tambahan untuk pengaturan tata letak peralatan dan subjek dalam trik ini selain panduan di atas:



Semoga trik kali ini juga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan fotografi Anda. Silahkan dipraktekkan di rumah dan selamat bersenang-senang dengan kamera Anda. :)

BACA JUGA: Membuat Rel Slider Kamera Sederhana
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI