MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Definisi Focal Plane, Image Plane, Sensor Plane dan Shutter Plane

Focal plane dalam sebuah kamera adalah permukaan datar ke mana cahaya difokuskan setelah melalui lensa. Pada kamera digital (DSLR), focal plane itu tidak lain adalah sensor gambar, oleh sebab itu focal plane sering juga disebut sebagai "sensor plane". Sedangkan pada kamera film 35mm (SLR) focal plane disebut "film plane". Intinya bahwa sensor plane dan film plane itu sama.


Coba Anda perhatikan gambar ilustrasi di atas. Pada bagian kamera terdapat "garis vertikal" yang ditandai dengan huruf "F" kapital (bukan huruf kecil). F itu artinya focal plane dan itu menandakan sensor kamera. Adapun 2 garis yang menuju dan bertemu di focal plane tersebut adalah adegan yang direkam oleh sensor. Bertemunya garis tersebut itulah letak "focal point" dan ini dapat menjelaskan banyak hal, namun saya tidak akan masuk ke rincian ini. Sedangkan garis putus-putus di atas adalah sumbu optik.

Adapun istilah "image plane" juga sama dengan focal plane, bahkan semua istilah-istilah tersebut sering digunakan secara bergantian dalam percakapan umum fotografi, seperti yang saya lakukan dalam tulisan-tulisan saya di kelasfotografi.com.

Shutter Plane dan Optik


Terkhusus pembahasan "optik", istilah focal plane dan image plane memiliki definisi yang berbeda. Sementara itu setiap produsen dalam menjelaskan konstruksi lensanya selalu menggunakan istilah yang sama namun berbeda arti. Terlalu rumit jika kita masuk ke bagian ini. Apalagi pembahasan optik tidak hanya menyangkut lensa fotografi saja, tetapi juga di perangkat lain seperti pembahasan soal "senapan". Bahkan para pakar mengingatkan untuk hati-hati membawa istilah ini agar tidak terjadi salah paham.

Shutter Plane


Ketika kamera dalam posisi tidak bekerja, sensor ditutupi oleh shutter (rana). Karena bentuknya yang "flat" maka shutter ini juga disebut sebagai shutter plane. Saat kamera bekerja, shutter akan terbuka dan pada saat itu sensor bebas merekam adegan (mengambil gambar). Terkait dengan shutter speed ini Anda bisa membaca pembahasan lengkapnya di sini.


Focal Plane Mark


Jika Anda melihat bagian atas body kamera Anda, lebih tepatnya di antara mode-dial dan viewfinder, Anda akan melihat sebuah simbol seperti huruf "Yunani Phi" (lingkaran dengan garis di tengahnya). Lebih jelasnya coba perhatikan gambar di bawah ini:


Apakah Anda pernah mencari tahu apa arti dari simbol tersebut di kamera Anda? Simbol itulah yang dinamakan "focal plane mark". Karena ini mengandung kata "mark" maka artinya ini menandakan sesuatu? Ya, simbol ini menandakan letak posisi sensor di dalam kamera Anda. Dan seperti yang saya jelaskan di atas bahwa sensor juga dapat disebut sebagai image plane atau focal plane sehingga ini dinamakan "focal plane mark". Selain contoh gambar di bawah ini, coba Anda kembali lihat gambar pertama di atas. Di situ terdapat juga simbol focal plane mark yang sejajar dengan posisi sensor.


Lalu apa kegunaan dari focal plane mark?

Dari letak simbol ini akan diukur jarak ketika menghitung "jarak fokus minimum (MFD)" yang dimiliki sebuah lensa. Ini sangat berguna untuk mengetahui seberapa dekat lensa Anda dengan subjek dalam keadaan terfokus dengan baik.


Intinya fitur ini sangat membantu fotografer makro, karena mereka sering merasa perlu untuk menentukan jarak yang tepat dari sensor ke subjek, dan adanya simbol tersebut memudahkan mereka dalam membuat perhitungan yang lebih tepat. Tapi perlu Anda ketahui bahwa setiap lensa memiliki jarak fokus minimum yang berbeda-beda, dan untuk lensa khusus makro umumnya memiliki jarak fokus yang lebih pendek ketimbang lensa non-macro.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI