MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Menggunakan Fokus Infinity Untuk Memotret Objek Jarak Jauh


Sebagai pemula sebaiknya jangan tinggalkan artikel ini sebelum Anda benar-benar paham apa itu infinity. Mengapa? Karena pada kenyataannya tidak sedikit pemula yang menyesal karena salah memilih lensa yang tidak memiliki fokus infinity. Lantas apa fungsi guna infinity ini? Seberapa penting ia ada pada lensa Anda? Ini yang akan kita bahas di artikel ini.

Apa Itu Fokus Infinity


Ketika awal mendalami fotografi sekalipun Anda memiliki cita-cita mendalami genre tertentu, pasti akan ada saat di mana Anda ingin mengambil gambar landscape (pemandangan). Tapi satu hal yang harus Anda sadari bahwa cara kerja DSLR dengan lensanya tidak sepraktis menggunakan kamera ponsel, dan salah satu kerumitannya terkait lensa adalah penggunaan fokus dan bagaimana cara yang tepat mengunci fokus baik secara auto maupun manual. Semua itu berhubungan dengan topik ini. Lalu apa infinity itu?

Fokus infinity atau disebut juga "fokus tak terhingga" adalah fokus khusus pada lensa yang diperuntukkan untuk memfokuskan objek jarak jauh dalam skala besar seperti memotret pemandangan atau landscape. Berbeda dengan membidik subjek tunggal atau dalam skala kecil seperti memotret seseorang atau hewan dari kejauahan yang tidak terlalu sulit untuk mengunci fokus pada subjek tersebut. Anda hanya tinggal melakukan zoom, memfokuskan subjek, masalah selesai. Tapi itu ketika Anda memotret subjek tunggal, berbeda ketika Anda memotret pemandangan dan bidang pandang yang luas mencakup banyak subjek dan jauh dari posisi Anda memotret maka dalam hal itu Anda membutuhkan bantuan fokus infinity daripada mengira-ngira apakah objek terfokus dengan baik atau tidak.

Pernahkah Anda memotret landscape di malam hari? Bagaimana cara Anda memastikan bahwa objek sudah terfokus dengan baik sementara Anda memotret dalam kondisi gelap gulita? Jangankan di malam hari, pada siang hari saja terkadang kita masih sulit untuk mengunci fokus pada objek pemandangan. Nah, semua itu bisa dengan mudah di atasi dengan fokus infinity. Paham?

Seperti namanya "fokus tak terhingga" maka kesimpulannya adalah semua benda-benda dan subjek apapun yang berada dalam objek yang jauh dari kamera akan terfokus saat Anda menggunakan infinity dan tak perlu lagi melakukan penyusuaian fokus. Itulah manfaat besar dari infinity untuk mendapatkan fokus yang lebih akurat tanpa harus mengira-ngira.

Cara Menggunakan Fokus Infinity


Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua lensa memiliki fokus infinity. Dan tidak selalunya juga fokus infinity ini hanya ada pada lensa zoom wide yang notabene selalu digunakan untuk memotret pemandangan. Fokus infinity pada lensa ditandai dengan simbol seperti angka "8". Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:


Coba perhatikan lensa Anda apakah memiliki simbol tersebut atau tidak? Jika ada maka berarti lensa Anda mendukung fokus infinity, dan artinya Anda bisa dengan mudah memotret landscape. Sekarang Anda mengerti kenapa saya katakan banyak pemula yang salah memilih lensa?

Adapun cara kerja fokus infinity berbeda pada 2 jenis lensa zoom yaitu zoom "parfocal" dan zoom "varifocal". Fokus infinity hanya bisa digunakan pada mode Manual Focus (MF) dan bukannya Auto Focus (AF).

1# Infinity Pada Lensa Zoom Parfocal

Contoh Lensa Zoom Parfocal: Canon EF 24-70mm f/2.8L II USM

Cara menggunakan fokus infinity pada lensa zoom parfocal yaitu cukup hanya memutar ring fokus lensa secara manual, dan tetapkan fokus di simbol infinity. Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini:


Infinity pada lensa zoom parfocal ini akan membuat objek dan semua benda yang jauh akan terfokus dengan baik sekalipun Anda merubah focal length lensa.

2# Infinity Pada Lensa Zoom Varifocal

Contoh Lensa Zoom Varifocal: Canon EF 24-105mm f/4 L IS USM

Sedangkan cara menggunakan infinity pada lensa zoom varifocal masih sama seperti cara di atas yaitu memutar dan menetapkan ring fokus di simbol infinity. Tapi mekanisme infinity terkait focal length berbeda pada lensa jenis zoom varifocal ini yaitu Anda hanya bisa menggunakan fokus infinity pada focal length terpendek saja (atau focal tertentu yang ditentukan oleh lensa). Dan jika Anda merubah focal length lensa maka Anda perlu menyusaiakan kembali fokus lensa seperti biasanya. Misalkan ketika Anda menggunakan infinity pada lensa Canon EF 28-105mm maka Anda perlu memutar dan menetapkam ring zoom lensa di titik focal 28mm agar infinity bekerja dengan baik. Atau kata lain "jangan melakukan zoom". Untuk pembahasan lengkap parfocal dan varifocal klik di sini artikelnya.

Anda hanya perlu melakukan 2 langkah mudah di atas untuk menggunakan fokus infinity. Ya, sangat mudah tapi sayang banyak pemula yang tidak mengetahui fungsi simbol infinity pada lensa mereka. Itulah alasannya saya katakan artikel ini sangat penting untuk Anda ketahui.

Fungsi Guna Fokus Infinity


Pertama sudah saya katakan berulang-ulang di atas bahwa fokus infinity ini sangat membantu kita saat akan memotret landscape atau pemandangan. Termasuk untuk memotret Bima Sakti (Milky Way), pertunjukan Kembang Api (Fire Works) atau objek pemandangan lainnya di malam hari.

Selain itu, fokus infinity juga bisa memudahkan kita memotret sekelompok orang atau kata lain lebih dari 1 orang. Itu yang sering saya lakukan saat memotret keluarga atau teman-teman saya. Hanya saja ada faktor lain yang harus diperhatikan yaitu "faktor jarak". Ya, jarak antara kamera sengan subjek / objek yang akan dishot.

Setiap lensa mempunyai jarak infinity yang berbeda-beda. Contohnya seperti lensa yang saya gunakan (Canon 18-270mm) yang mana infinity akan mulai bekerja pada minimal jarak sekitar 1,5 meter. Apabila jarak subjek / objek di bawah 1,5 meter maka infinity tidak berlaku dan harus mengatur fokus lensa seperti biasanya. Itu contoh kasus yang terjadi pada lensa saya dan teori ini belum tentu berlaku sama pada lensa yang Anda gunakan. Namun yang pastinya fokus infinity akan bekerja baik pada jarak yang jauh dari kamera Anda. Silahkan Anda buktikan sendiri.

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu simbol infinity pada lensa dan untuk apa kegunaannya. Sehingga ini bisa menjadi pertimbangan Anda ketika membeli lensa baru khususnya untuk keperluan pemotretan landscape atau pemandangan. Semoga bermanfaat!!

BACA JUGA: Panduan Menggunakan Fokus Pada Lensa
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.

Artikel Lainnya

KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI