MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Trik Memotret Menggunakan Laptop Sebagai Remote Shutter


Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa remote shutter atau shutter release merupakan alat pengendali jarak jauh untuk mengeksekusi tombol shutter pada kamera. Sedangkan tombol shutter itu adalah tombol yang Anda pencet untuk memotret.

Selain untuk "selfie", remote shutter sangat banyak membantu ketika Anda memotret seorang diri tanpa bantuan teman atau asisten, seperti ketika Anda mengendalikan lighting dengan satu tangan sementara tangan lainnya memegang kamera. Saat menggunakan mode bulb juga sangat disarankan untuk menggunakan remote shutter. Karena saat itu jari Anda akan menempel di tombol shutter sehingga Anda membutuhkan bantuan alat ini untuk memudahkan penggunaan bulb (baca di sini tentang bulb).

Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki shutter release? Nah, di sini saya mempunyai solusi yaitu menggunakan "laptop" sebagai pengganti remote shutter. Dengan laptop kita bahkan bisa mengendalikan beberapa fungsi kamera termasuk mengatur segitiga eksposur (shutter speed, aperture, ISO). Selain itu, memotret melalui laptop tidak membutuhkan "memory card", karena hasil gambar akan langsung tersimpan di laptop Anda.

Alat yang dibutuhkan


Dalam tutorial ini saya menggunakan kamera Canon EOS 600D sebagai bahan praktek. Dan tidak ada ruginya Anda menyimak tutorial ini sekalipun Anda menggunakan model Canon selain EOS atau DSLR dari produsen yang berbeda. Karena teknologi kamera semakin modern dan kemungkinan besar kamera Anda juga bisa melakukan hal yang sama. Okey, adapun peralatan yang Anda butuhkan yaitu:
  • Tripod (jika ada)
  • Kabel USB
  • Software "EOS Utility" 
Umumnya semua kamera yang dijual menyediakan kebel USB dan beberapa keping disk berisi software yang kompatibel dengan tipe kamera Anda, termasuk aplikasi EOS Utility pada DSLR Canon.


Jika Anda tidak memiliki CD software EOS Utility atau mungkin CDnya sudah hilang, silahkan donwload di sini aplikasinya, lalu segera instal di laptop Anda. Okey, langsung saja silahkan Anda perhatikan baik-baik panduan saya berikut ini:

Step#1


Dirikan tripod dan pasang kamera Anda ke tripod. Kalau Anda tidak memiliki tripod, mungkin Anda membutuhkan tempat alas yang bersih untuk meletakkan kamera Anda. Namun sebaiknya Anda mencari / meminjam sebuah tripod jika ingin memanfaatkan tutorial ini untuk melakukan "bulb".

Step#2


Sebelum menghubungkan kamera dengan laptop menggunakan kabel USB, pastikan kamera Anda dalam keadaan "off". Setelah kabel USB tersambung baik, barulah Anda menghidupkan kamera dan secara otomatis laptop akan mendeteksi perangkat kamera Anda.

Step#3


Jalankan aplikasi EOS Utility lalu pilih menu "Camera settings/Remote shooting" untuk menampilkan kontrol kamera. Perhatikan gambar di bawah ini:


Step#4


Selanjutnya untuk menampilkan monitor "Life View" silahkan klik menu "Live View shoot..." pada kontrol kamera. Perhatikan gambar di bawah ini:


Step#5


Sekarang kita akan masuk ke cara pemotretan. Tapi sebelumnya saya jelaskan dulu menu-menu penting pada kontrol kamera ini sehingga bisa dengan mudah Anda menggunakannya.


1. Tombol Shutter: klik tombol ini untuk memotret.
2. Folder Penyimpanan: klik untuk mengubah lokasi folder penyimpanan gambar.
3. Pengaturan Shutter Speed: klik angka tersebut lalu gunakan tombol navigasi "kiri dan kanan" pada papan keyboard untuk mengganti nilai shutter speed.
4. Pengaturan Aperture: klik angka tersebut lalu gunakan tombol navigasi "kiri dan kanan" pada papan keyboard untuk mengganti nilai aperture atau diafragma.
5. Pengaturan ISO: klik angka tersebut lalu gunakan tombol navigasi "kiri dan kanan" pada papan keyboard untuk mengganti nilai ISO.
6. Keterangan mode eksposur (mode pemotretan) yang akan Anda gunakan. "M" artinya Manual Exposure.
7. Pengaturan White Balance (WB): klik untuk mengubah white balance dan gunakan tombol navigasi "kiri dan kanan" pada papan keyboard untuk memilih white balance.
8. Pengaturan Metering: klik untuk mengubah metering dan gunakan tombol navigasi "kiri dan kanan" pada papan keyboard untuk memilih mode metering.
9. Jenis resolusi gambar yang akan digunakan. "L" artinya Large yaitu resolusi ukuran tertinggi di kamera Canon.

Lakukan percobaan dengan beberapa kali tembakan kemudian lakukan beberapa penyusaian pengaturan kamera sesuai kebutuhan Anda. Untuk mengatur zoom dan fokus lensa masih harus dikontrol melalui lensa.

Melakukan bulb dengan laptop


Caranya klik kembali angka "shutter speed" lalu tekan tombol navigasi "bawah (down)" pada papan keyboard, maka secara otomatis shutter speed berubah ke mode bulb. Selanjutnya klik "tombol shutter" (tidak perlu ditahan) untuk melakukan pengambilan gambar dalam mode bulb. Jika sudah selesai, klik kembali tombol shutter untuk menghentikan bulb.


Saat kamera melakukan bulb, lamanya waktu shutter bekerja akan terlihat pada monitor (lihat gambar di atas) sehingga Anda bisa mengetahui / mengontrol berapa lama waktu shutter yang Anda butuhkan dalam penggunaan bulb. Paham? Jika Anda tidak mengetahui apa itu bulb dan bagaimana teknik penggunaannya, sekali lagi baca di sini artikelnya.

Selamat mencoba dan selamat bersenang-senang dengan kamera Anda.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI