MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Inspirasi Foto Hitam Putih dan Komposisi Kuat Oleh Kai Ziehl


Karya fotografi yang rapi dan kuat seperti yang dilakukan oleh fotografer asal Jerman, Kai Ziehl, lewat gambar-gambarnya ia menunjukan sejuknya pemandangan kota yang dapat menjadi bermakna dan ekspresif.

Menggunakan konsep hitam dan putih (black & white) saat menangkap dimensi yang sebenarnya dari area perkotaan, menurut Kai itu akan menunjukan konstruksi yang mempesonakan. Anda bisa melihat sendiri koleksi gambarnya di website resminya, gambar yang menunjukan ketenangan, momen yang indah dan dengan mudah memikat mata pemirsa.

Sangat kontras, pemilihan masing-masing sudut dan jarak pemotretan, menghasilkan gambar-gambar landscape seperti taman bermain estetika dari keindahan geometris. Dari foto-fotonya sudah bisa ditebak kalau Kai Ziehl memiliki mata yang terlatih, perhitungan yang akurat, dan fotografer yang cerdas. Tidak biasa, karya foto hitam dan putihnya memiliki komposisi yang indah dan sangat kuat, sederhana tapi rumit. Tidak diragukan lagi, ia fotografer profesional. Lihat bagaimana gambar-gambarnya menggunakakan komposisi rumit seperti simetri dan triangle, dan juga permainan bayangan (shadow) dan refleksi.



Gedung-gedung tinggi, jembatan, dan stasiun kereta api menjadi serangkaian bentuk dan pola yang mempesonakan, menambah tingkat keutuhan baru dari makna untuk setiap gambarnya. Itulah espektasi dari fotografer Kai Ziehl yang menggunakan monokrom hitam dan putih, yang penuh emosional dan menarik perhatian pada adegan arsitektur dan perkotaan. Ya, Kai Ziehl adalah seorang fotografer yang menangkap keindahan arsitektur dan pemandangan kota (urban landscape).



Bisa kita lihat, apa yang ditangkap oleh Kai adalah seni fotografi yang mengedapankan esensi fotografi. Lebih mengandalkan pedoman fotografi daripada permainan software. Prinsip seperti ini yang kadang membuat iri, konsisten menampilkan seni yang sebenarnya, mencoba memaksimalkan semua elemen di lapangan, bukan hanya pada tahap olah digital saja. Karyanya sengaja saya angkat di blog ini, untuk pelajaran bagi kita semua, untuk bagaimana seorang fotografer seharusnya berkarya. Karena seni yang berhubungan dengan gambar itu banyak, dan memang sudah seharusnya setiap fotografer berpegang pada kaidah dan pedoman yang ada.






Jika Anda tertarik mendalami teknik komposisi fotografi untuk memperkuat gambar-gambar Anda, silahkan baca di sini artikelnya.

Semua foto di atas memiliki Hak Cipta © Kai Ziehl. Artikel ini memuat foto-foto tersebut hanya untuk memperkenalkan karya dari fotografernya. Pembaca Kelasfotografi.com tidak diperkenankan mengkomersialkan semua foto di atas tanpa izin pemiliknya.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI