MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Memotret Landscape Melalui Bola Kaca

Dalam fotografi, ide kreatif itu sering kali datang ketika kita mencoba sesuatu yang baru, kemudian memotret adegan dengan teknik yang datang dari inspirasi saat itu. Membuat foto landscape dalam sebuah bola kaca adalah salah satu contoh ide yang lahir dari orang-orang kreatif, karena memungkinkan Anda untuk menangkap adegan nampak seperti fish-eye sekalipun menggunakan lensa tele.

Beberapa orang telah menunjukan karyanya dengan memanfaatkan bolah kaca. Saya pikir ini layak untuk dibagikan pada Anda semua, tentang bagaimana kita belajar fotografi kreatif. Dan teknik menggunakan bola kaca ini mudah untuk dicapai dengan beberapa langkah sederhana. Silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Bagaimana cara mengambil foto pemandangan dengan bola kaca?


Untuk bagaimana cara mendapatkan foto pemandangan atau landscape yang baik dengan bola kaca, Anda perlu menerapkan beberapa aturan dasar, dan pemahaman tentang ilmu di lokasi pemotretan juga ikut membantu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dijelaskan dengan singkat:

  • Pilih adegan yang biasanya Anda foto menggunakan lensa wide-angle (sudut lebar).
  • Memotret adegan tersebut dengan posisi matahari di belakang Anda, agar matahari menerangi adegan.
  • Menempatkan bola pada tempat yang tidak membuatnya terjatuh / tergelincir.
  • Mulai menyusun adegan ke dalam bola kaca.
  • Pastikan garis cakrawala tampil dengan rapi dalam bola, perhatikan juga latar belakang (background).
  • Letakkan fokus kamera pada adegan dalam bola, cara yang terbaik melakukan ini dengan menggunakan Live View dan fokus manual (MF).
  • Gunakan nilai aperture sekitar f/4, karena itu akan menjaga ketajaman pada subjek bola dan latar belakang tetap dalam kondisi blur.
  • Mulai mengambil beberapa gambar, dan ulangi jika Anda tidak puas dengan ketajaman dalam bola.
  • Memutar (rotasi) gambar ketika gambar diolah (post-processing) sehingga adegan dalam bola tidak terbalik. Dalam beberapa kasus, Anda juga boleh melewatkan langkah ini.

Mungkin sekilas terlihat sangat mudah untuk bagaimana baiknya setiap adegan tampil dalam bola kaca. Hal itu tidak terjadi begitu saja, butuh analisis yang cermat ketika memilih adegan yang akan direfleksikan ke dalam bola. Kemudian hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menemukan topik menarik sebagai Poin of Interest (POI) yang akan ditonjolkan dalam bola. Setelah Anda memiliki parameter dasar, silahkan Anda membuat konsep sesuai kreasi Anda, dengan menggunakan beberapa cara yang berbeda untuk menghasilkan gambar-gambar yang bervariasi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto landscape dalam bola kaca.

1 - Komposisi klasik



Ini jenis komposisi bola mengisi sebagian besar frame dan seluruh tepi bola terlihat / tak ada yang terhalangi. Hal ini akan menyebabkan pemandangan dalam bola kaca memiliki dampak langsung ke mata pemirsa karena berada di depan area yang blur. Jenis gambar seperti ini yang paling mudah diambil menggunakan lensa makro atau lensa tele dengan aperture f/4 untuk menciptakan bokeh yang bagus di sekitar bola.

2 - Lebih dekat pada subjek bola



Semakin dekat dengan bola kaca akan menonjolkan adegan dalam bola, ini juga memerlukan framing yang akan memotong banyak atau sekitar 30% bagian dari bola. Menggunakan komposisi yang berpusat dengan bagian atas dan bawah bola juga dapat bekerja untuk cara ini. Ini memiliki keuntungan bahwa bagian atas dan bawah dari adegan tidak dapat dengan mudah disimpulkan. Komposisi lainnya mengikuti aturan pertiga (Rule of Thirds), dengan tepi bola menunjukkan pada kiri atau kanan dari gambar.

3 - Berikan bola lebih banyak ruang



Ada banyak cara untuk memotret dengan bola kaca, dan menggunakan lensa wide-angle dengan teknik ini bisa sangat efektif. Dalam hal ini, adegan pada latar belakang bisa menjadi minimalis dengan bola menjadi aksen dari lokasi Anda memotret. Adegan mungkin menjadi tidak bagus bila dirotasi seperti yang direkomendasikan di atas sebelumnya, sehingga sebaiknya Anda mengekspose dengan baik adegan di latar belakang. Kesimpulannya bahwa adegan dalam bola maupun adegan di latar belakang harus menunjukan sebuah komposisi yang seimbang.

4 - Mengambil objek dari ketinggian



Sudut pandang yang tinggi untuk gambar bola kaca juga bekerja dengan baik. Mencari akses untuk memotret bangunan tinggi yang menghadap ke kota atau mendaki bukit, kedua pilihan tersebut sama baiknya dan layak dicoba. Setelah menemukan sudut pandang yang tinggi, cari posisi yang bagus untuk merefleksikan adegan ke dalam bola, yang bisa menunjukan puncak dari objek. Pastikan bola tidak jatuh atau tergelincir, berhati-hati dengan posisi seperti ini.

5 - Jangan lupa pemandangan dari bawa ke atas




Cara kreatif lainnya Anda bisa menempatkan bola di lantai / tanah sehingga setengah adegan akan diambil oleh area lantai. Bisa juga dengan memotret puncak bangunan dari bawah dengan posisi kamera berada di bawah bola, seperti yang ditunjukan gambar pertama di atas. Beberapa orang mengatakan ada beberapa situasi yang benar-benar bekerja dengan baik ketika menempatkan bola kaca di tanah, seperti ada refleksi dalam adegan dari permukaan tanah atau genangan air. Tanah merupakan elemen menarik untuk konsep foto seperti ini, atau bisa juga Anda menempatkan bola di atas tumpukan daun.

6 - Melibatkan unsur manusia



Pemandangan dalam bola kaca mungkin tidak selalu cocok untuk memasukkan elemen manusia di dalamnya. Latar belakang yang blur mungkin juga terlihat kurang menarik jika ada subjek manusia di dalam bola. Ada beberapa cara untuk mengakali hal ini, dengan tetap mempertahankan nuansa minimalis.


Misalnya gunakan tengan seseorang untuk memegang bola yang mana dalam bola tersebut terdapat adegan landscape. Atau sebaliknya, menempatkan subjek manusia dalam bola dan perlihatkan sebagian unsur alam di sekitar bola. Cara ini akan membuat seluruh adegan menjadi seimbang yang terdiri dari unsur manusia dan alam. Anda pastinya tidak menginginkan gambar yang monoton, seperti hanya menempatkan bola di depan background yang seluruhnya blur, itu terlalu biasa.

Di mana sebaiknya Anda mencoba teknik ini?


Lokasi landscape yang umum dapat bekerja dengan baik untuk gambar menggunakan bola kaca. Selain itu, cobalah memilih objek gedung-gedung tinggi di dalam kota atau aktivitas dari jalan yang ditembak dari ketinggian. Sedangkan area pantai atau padang pasir adalah lokasi yang memiliki kesan minimalis dan juga cocok untuk kreasi foto bola kaca.

Foto sunset di pantai dengan bola kaca adalah salah satu hal klasik dalam kreasi fotografi seperti ini. Pegunungan dan hutan adalah pilihan lokasi lainnya yang juga bagus untuk foto bola kaca. Intinya, Anda perlu menemukan lokasi yang menurut Anda bisa direfleksikan dengan baik ke dalam bola. Namun jangan lupa, akan lebih baik lagi jika Anda menemukan Point of Interest (POI) dari lokasi yang Anda pilih, yang bisa menonjolkan adegan landscape dalam bola kaca.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI