MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Ulasan Lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM


Lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM adalah salah satu lensa Canon aperture terlebar dengan bukaan maksimal aperture f/1.2, yang mana lensa ini tentu sangat berguna untuk memotret dalam kondisi minim cahaya. Selain itu, aperture sebesar f/1.2 juga mampu menghasilkan intensitas blur yang menakjubkan. Kabarnya lensa ini membutuhkan banyak kaca untuk menjadi lensa cepat, dan itu pasti terdengar bagus. Kemudian terdapat cincin merah di elemen depan lensa yang menandakan bahwa ini lensa Canon seri-L. Ya, lensa Canon seri-L merupakan lensa yang digunakan fotografer kelas pro. Harganya juga tidak main-main, saat ini di Indonesia Lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM dijual dengan harga kisaran 20jt ke atas. Harga setinggi itu kira-kira apa saja kelebihannya?

Pada lensa versi sebelumnya, Canon EF 85mm f/1.2L USM didapati bahwa kecepatan fokusnya sangat lambat. Jika Anda menembak subjek diam mungkin tidak jadi masalah, tapi butuh kerja keras untuk memotret aksi olahraga di dalam ruangan. Sedangkan Canon EF 85mm f/1.2L II USM ini, kabar baiknya pihak Canon telah memanfaatkan USM (Ultrasonic Motor) terbaru untuk menjadikan lensa ini lebih cepat dari versi sebelumnya dan kinerja autofocus yang tidak berisik (silent). Selain itu, mekanisme fokusnya meningkat sekitar 1.6x lebih cepat dari versi sebelumnya. Itu peningkatan yang sangat signifikan.


Lensa Prime Canon EF 85mm f/1.2L II USM ini memiliki aperture dan kualitas gambar yang menjadikan itu lensa aksi olahraga dalam ruangan yang sangat baik. Sedangkan kinerja autofocus menurut beberapa analisis kecepatannya "lumayan", tapi tidak secepat lensa cepat Canon lainnya. Sekedar untuk diketahui bahwa yang dimaksud dengan "lensa cepat" adalah lensa yang memiliki bukaan aperture yang sangat lebar (umumnya f/1.2 - f/1.4) yang memungkinkan untuk menerima lebih banyak cahaya, sehingga fotografer bisa menggunakan shutter speed yang lebih cepat.

Calon konsumen mungkin akan bertanya-tanya apakah lensa Canon 85mm f/1.2L II ini bisa diandalkan untuk fotografi olahraga? Pastinya "iya". Lensa ini juga termasuk rekomendasi untuk memotret aksi olahraga. Alasan yang paling masuk akal untuk menentukan layaknya sebuah lensa bisa menembak subjek bergerak termasuk aksi olahraga adalah kecepatan fokus. Seperti dikatakan di atas, lensa ini lumayan cepat, setidaknya ada peningkatan dari versi sebelumnya. Berikut contoh gambar aksi olahraga menggunakan lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM dan kamera full-frame Canon 1D X:

Image Credit © The-digital-picture.com

Penanganan Penyimpangan Lensa


Lensa Canon EF 85mm f/1.2L yang dulu memiliki kualitas gambar yang sangat baik, sedangkan Canon EF 85mm f/1.2L II USM ini menggunakan lapisan Super Spectra dan elemen lensa yang dioptimalkan untuk menekan flare dan ghosting, maka seharusnya lensa 85mm f/1.2L II ini memiliki kualitas yang lebih baik lagi. Selain itu, terdapat juga anti-reflektif yang ditempatkan di dalam barel lensa. Review dari beberapa orang yang menggunakan lensa ini menemukan sedikit peningkatan kualitas gambar dan dalam situasi tertentu didapati kurangnya masalah flare (baca di sini apa itu flare dan ghosting).

Untuk masalah vignette, Canon EF 85mm f/1.2L versi pertama menunjukkan vignetting terlihat di f/1.2, bahkan jika digunakan pada DSLR crop-factor 1.6x. Sedangkan pada DSLR full-frame vignetting hampir hilang pada bukaan f/2. Begitupula dengan Canon 85 f/1.2L II yang identik sama untuk masalah vignette.

Lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM menunjukkan kadar chromatic aberration yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Ditemukan penyimpangan chromatic ketika lensa digunakan di bawah sinar matahari yang kuat dengan aperture terlebar f/1.2 . Tapi dengan beberapa software, chromatic aberration bisa dengan mudah diatasi saat pengolahan gambar. Sedangkan distorsi barrel hanya sedikit di temukan pada lensa Canon 85 f/1.2L II ini.

Kelebihan Lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM


Pada lensa versi pertama dinilai tajam bahkan pada bukaan f/1.2 dan akan lebih tajam lagi jika aperture sedikit diperkecil. Begitu pula dengan Canon EF 85mm f/1.2L II USM yang sangat mirip dengan kualitas ketajaman lensa versi pertama.

Menggunakan 8 pisau melingkar (circular) dengan bukaan maksimal aperture f/1.2 , Canon EF 85mm  f/1.2L II menghasilkan intensitas blur yang menakjubkan untuk lensa kelas focal length 85mm. Hasilnya sangat menarik, elemen-elemen pengganggu pada background dapat dibuat "hilang" karena kuatnya blur yang dibentuk oleh lensa ini. Tapi perlu juga diingat bahwa lensa ini memiliki bukaan f/1.2, yang mana Anda harus menembak subjek manusia dari jauh untuk mendapatkan fokus yang layak di area wajah, khususnya mata. Karena bukaan f/1.2 sangat lebar untuk dekat dengan blur. Di bawah ini dua contoh gambar dari lensa Canon EF 85mm f/1.2L II USM pada bukaan maksimal f/1.2 (kanan) dan bukaan tersempit f/16 (kiri):

Image Credit © The-digital-picture.com

Tidak seperti pendahulunya, lensa Canon EF 85mm f / 1.2L II USM dapat memberikan informasi jarak dengan algoritma flash E-TTL II. Keuntungannya ini sangat berguna untuk fotografi flash, yang mana Anda dapat menggunakan parameter ini untuk perhitungan eksposur flash.

Kesimpulannya bahwa selain keuntungan aperture lebar untuk kondisi minim cahaya, Canon EF 85mm f/1.2L II USM unggul untuk fotografi portrait, bahkan Canon menyebutnya "definitive portraiture lens". Focal length 85mm dikombinasikan dengan bokeh yang sangat baik dan sangat cocok untuk fotografi portrait.

Spesifikasi Canon EF 85mm f/1.2L II USM


  • Dapat digunakan pada Canon  APS-C dan Full-frame
  • Focal length: 85mm
  • Rentang aperture: f/1.2 - f/16
  • Angle of View: 28°30' (Diagonal)
  • Konstruksi lensa: 8/7
  • Jumlah pisau aperture: 8 bilah (circular)
  • Tidak ada stabilizer (IS)
  • Jenis motor AF: Ultrasonic Motor (USM)
  • Ring fokus manual bisa rotasi penuh (FTM)
  • Tersedia jendela "Distance Scale"
  • Tersedia fokus "Infinity"
  • Jarak fokus minimum (MFD): 37.4"
  • Rasio pembesaran: 0.11x
  • Berat lensa + Hood: 35.8oz
  • Ukuran filter: 72mm
  • Elemen depan tidak dapat berputar
  • Kompatibel dengan Extension Tube
  • Tidak kompatibel dengan Extender
  • Tersedia Lens Hood

Sampel Gambar Canon EF 85mm f/1.2L II USM


Menggunakan Canon EOS 1Ds Mark III - 1/2000s | f/1.2 | ISO 100
Image Credit © The-digital-picture.com

Menggunakan Canon EOS 1Ds Mark III - 1/2000s | f/1.2 | ISO 160
Image Credit © The-digital-picture.com

Menggunakan Canon EOS 1Ds Mark III - 1/500s | f/1.4 | ISO 100
Image Credit © The-digital-picture.com

Menggunakan Canon EOS 1Ds Mark III - 1/320s | f/1.2 | ISO 100
Image Credit © The-digital-picture.com

Menggunakan Canon EOS 6D - 1/125s | f/1.2 | ISO 200
Image Credit © The-digital-picture.com

Sampel gambar di atas telah diperkecil dari sumbernya dan mungkin akan mempengaruhi kualitas gambar yang sebenarnya.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI