MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Memperbaiki Foto Kualitas Rendah Dengan Lightroom


Tutorial ini merupakan salah satu cara yang sering saya lakukan ketika memperbaiki foto kualitas rendah seperti gambar yang penuh noise (bintik-bintik seperti pasir), foto yang diambil menggunakan kamera ponsel atau kamera saku, atau foto yang bersumber dari Facebook. Ketika Anda mengunggah foto di Facebook secara otomatis foto akan dikompres dan mengalami penurunan kualitas pada detailnya. Kita yang sering mengunggah foto di media sosial, tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan membutuhkan kembali foto tersebut. Nah, cara ini bisa Anda gunakan untuk memperbaiki foto low-quality lalu menggunggahnya kembali dengan tampilan yang lebih baik dan bebas noise, entah itu di Facebook, Instagram, dll.

Cara ini sering saya gunakan sebagai pengeditan ringan pada gambar-gambar saya yang menggunakan kamera ponsel. Dalam tutorial ini saya menggunakan Adobe Lightroom. Anda juga bisa menggunakan Photoshop yang memiliki "Camera RAW". Karena tools dalam Camera RAW mirip dengan tools yang ada pada Lightroom. Baik, silahkan simak panduannya pada video dibawah ini:



CATATAN:

  • Untuk Temp Anda bisa menggunakan nilai "0". Semakin naik (+) nilainya maka temperatur gambar mengarah ke kuning. Dan temperatur kuning akan sedikit menaikkan pencahayaan sekaligus melembutkan kulit subjek. Jika temperatur gambar Anda sangat kuat di warna kuning, sebaiknya gunakan saja nilai "0".
  • Untuk Highlights Anda bisa menguranginya bahkan lebih kurang dari nilai yang saya gunakan jika memang gambar terlalu over cahaya. Sebaiknya pertimbangkan apa yang ditampilkan oleh Histogram. Pelajari cara menganalisa Histogram (baca di sini) agar Anda paham apa itu Highlight dan Shadow. Saya sengaja menurunkan Highlights dan Whites meskipun tidak terjadi cliping pada area Highlight.
  • Untuk Noise Reduction Anda juga bisa menggunakan nilai antara 20-30. Konsekuen dengan tools ini dapat berakibat buruk dengan hilangnya banyak detil pada gambar. Sebaiknya perhatikan setiap perubahan dari penggunaan nilai Noise Reduction.
  • Untuk pengaturan Tone Curva bisa Anda lewatkan. Jika ingin merubahnya, pastikan bahwa Anda memilih channel "RGB". Cara yang saya lakukan pada curva adalah mengangkat pencahayaan pada area gelap. Ini sama seperti menambah nilai pada Shadow dan Blacks.
  • Pada langkah terakhir saya menggunakan Radial Filter agar lebih maksimal membersihkan noise pada area selain wajah subjek. Cara ini juga bisa Anda lewatkan jika langkah-langkah di atas telah cukup membersihkan gambar.
  • Untuk menyimpan gambar silahkan klik kanan lalu pilih "Export" dan ikuti langkah-langkah sesuai yang ditunjukan dalam video.

Jika menurut Anda ini sangat berguna, saya sarankan untuk menyimpan tutorial ini ke dalam file preset Lightroom. Sehingga lebih mudah untuk diaplikasikan pada foto-foto Anda lainnya, dengan sekali klik tanpa harus mengulangi semua langkah di atas. Sedangkan cara membersihkan noise menggunakan Photoshop, silahkan baca di sini panduannya.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI