MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Cara Mudah Membuat Bokeh Bentuk Bintang dan Hati


Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kata "Bokeh (atau Boke)" berasal dari bahasa Jepang yang artinya "Blur" atau "Kabut". Hanya saja bokeh ini memiliki karakteristik yang unik dari bentuk blur biasa sehingga ia mudah dikenali. Namun kali ini saya tidak lagi membahas lebih jauh tentang bokeh, silahkan baca di sini artikelnya.

Dalam artikel ini saya akan menunjukan pada Anda bagaimana cara membuat bokeh yang berbentuk bintang, hati dan aneka bentuka lainnya, hanya dengan menggunakan bahan sederhana yaitu kertas. Nantinya kertas ini akan berfungsi sebagai masker lalu dilekatkan pada elemen depan lensa. Nah, kertas ini lah yang memiliki peran sehingga bokeh bisa beraneka bentuk dan tidak bulat seperti biasanya. Penasaran seperti apa langkah-langkahnya?

Bahan yang perlukan:



  • Lens Cap (penutup lensa)
  • Kertas tebal berwarna hitam
  • Gunting
  • Cutter
  • Pena

Pertama yang harus Anda siapkan adalah penutup elemen depan lensa atau disebut "Lens Cap". Ini dibutuhkan untuk menentukan ukuran masker bokeh agar sesuai ketika dilekatkan di elemen depan lensa. Jika lensa Anda tidak lagi memiliki lens cap maka cara lain yang lumayan repot menggunakan lensa Anda untuk membuat masker. Berikut tahap-tahap pembuatan masker:

  • Letakkan lens cap di atas kertas hitam lalu gambar lingkaran menggunakan pena dengan mengikuti lingkaran lens cap. Usahakan Anda menggambar lingkaran dengan rapi dan diameternya tidak lebih besar dari lens cap. Jangan lupa buatkan sedikit pemegang untuk memudahkan Anda melepas masker dari lensa (perhatikan gambar di bawah).


  • Sekarang gunting lingkaran tersebut dengan rapi, setelah itu pangkas kembali menggunakan gunting untuk membuat lingkaran sedikit lebih kecil, biasanya 0.5mm dari sisi lingkaran. Cara ini agar masker bisa leluasa saat dilekatkan pada lensa.
  • Bagian ini yang lumayan sulit dan Anda harus hati-hati. Di tengah lingkaran silahkan Anda gambar bentuk yang Anda sukai untuk dijadikan bentuk bokeh. Tapi ingat, ukuran bentuk harus tepat, jangan kebesaran dan jangan terlalu kecil. Jika ukurannya terlalu besar maka Anda tidak akan melihat efeknya sama sekali, dan jika terlalu kecil maka akan banyak cahaya yang terblok oleh masker sehingga gambar kurang terang dan berubah hitam. Paling tidak bentuk yang Anda gambar memiliki ukuran 5mm atau paling besar 20mm. Ini mungkin butuh eksperimen untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
  • Setelah itu lubangi masker dengan mengikuti bentuk bokeh yang Anda gambar sebelumnya. Gunakan cutter dan lakukan dengan hati-hati. Semakin sederhana bentuk bokeh yang Anda gambar maka semakin mudah dipotong oleh cutter. Anda bisa menggambar bintang, hati, segitiga atau bahkan bentuk "tanda tanya (?)".

Nah, dari semua langkah di atas maka dihasilkan masker bokeh seperti yang ditunjukan gambar di bawah ini:


Dalam eksperimen ini menggunakan lensa fix Canon 50mm f/1.8, sehingga bentuk bokeh yang digambar di tengah masker berukuran 15-20mm. Sekali saya katakan ini mungkin butuh beberapa kali eksperimen untuk mendapatkan diameter masker yang benar-benar pas di lensa Anda dan menghasilkan efek yang sempurna.

Cara Menggunakan Masker



Setelah melekatkan masker ke dalam elemen depan lensa, selanjutnya sesuaikan pengaturan kamera Anda. Gunakan modus Manual (M) atau Aperture priority (Tv / A). Set aperture pada bukaan terlebar. Karena di sini eksperimennya menggunakan lensa 50mm maka aperture terlebar yang digunakan adalah f/1.8. Ini tergantung berapa bukaan maksimal aperture lensa Anda. Kemudian karena banyaknya cahaya yang diblok oleh masker sehingga mungkin Anda membutuhkan shutter speed lambat atau menaikkan ISO. Kemungkinan juga Anda membutuhkan tripod untuk memotret dengan stabil.

Jika Anda ingin efek yang dramatis, lakukan uji coba di malam hari. Efek yang paling dramatis akan terlihat pada focal length yang pendek (lebih dekat dengan subjek tapi jauh dengan background). Coba lakukan eksperimen dengan benda-benda reflektif, lampu jalan atau lampu kendaraan, untuk membuat sejumlah pola bokeh "eye-catching". Berikut hasil gambar menggunakan masker bokeh aneka bentuk:











Bagaimana hasilnya? Menarik bukan? Selanjutnya tergantung kreasi Anda menerapkan tutorial ini pada sujek manusia. Selamat mencoba!!

BACA JUGA: Memotret Landscape Melalui Bola Kaca
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI