MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

8 Filter Foto DIY Yang Bisa Anda Buat Dengan Mudah di Rumah


Filter sebagai aksesoris tambahan lensa membawa banyak macam kegunaan. Tidak hanya proteksi elemen depan lensa, tapi juga beberapa filter dirancang membawa efek khusus pada gambar. Filter dengan efeknya yang semakin menarik biasanya semakin tinggi pula harganya. Untungnya selalu ada fotografer briliant yang menemukan ide membuat filter dari bahan seadanya tapi hasilnya tak kalah unik dan menarik. Para fotografer memang selalu berfikir untuk bagaimana menghasilkan visual yang berbeda bahkan sesuatu yang baru.

Kali ini kami akan berbagi ide kreatif dari Cooperative of Photography (COOPH) untuk bagaimana membuat filter foto DIY yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah. Silahkan simak videonya di bawah ini:



1# - Droplet filter



Ini salah satu yang mungkin benar-benar direkomendasikan pada kalian yang menggunakan filter UV. Tidak baik menyemprotkan air langsung ke elemen lensa depan Anda. Bahkan larutan pembersih lensa secara khusus akan memberitahukan Anda dengan peringatan "Jangan menyemprot langsung ke elemen depan Anda". Akan tetapi mereka menyuruh Anda menyemprotkan ke kain pembersih lensa microfiber kemudian digunakan menyeka permukaan lensa. Jadi, ya, jika Anda mau mencoba yang ini, maka triknya diterapkan pada permukaan filter UV dan permukaan lensa tetap aman .

2# - Lens Flare Filter



Sebenarnya saya sangat menyukai yang ini. Belum tentu hasilnya mereka tampilkan di video, tapi saya suka ide yang satu ini. Ini mirip dengan metode lain yang biasa digunakan untuk mencoba flare lensa bergaya anamorphic dengan lensa fotografi biasa.

Intinya, Anda hanya menempelkan beberapa potongan pendek garis pancing di bagian depan lensa Anda. Matahari dan sumber cahaya lainnya akan mengenai, memantulkannya dan membiaskannya, menawarkan tampilan yang unik. Seperti yang saya katakan, saya tidak selalu menyukai contoh yang ditunjukkan dalam video. Tapi, bisa jadi menyenangkan untuk bereksperimen.

3# - Fake Tilt-Shift



Anda hanya perlu membuat sebuah lingkaran dari plastik dengan ukuran lingkaran yang sesuai dengan ukuran lengkaran depan lensa Anda. Kemudian membuat potongan horizontal untuk kamera melihat subjek tanpa terpengaruh efek dari trik ini.

Kemudian gunakan tape untuk merekatkan lingkaran buatan itu di atas lensa Anda, lalu tembak seperti biasa. Subjek utama yang terlihat melalui cela potongan lensa akan terlihat tajam. Area lainnya akan tampak menyebar saat cahaya melewati plastik. Ini efek yang rapi. Ini bukan tilt-shift, tapi masih cukup rapi.

4# - Plastic Filter



Ini mirip dengan trik yang di atas, kecuali menggunting lingkaran rapi yang bagus dengan lubang yang bisa dilihatnya, Anda hanya meremas lembaran plastik bening. Anda juga bisa menggunakan cling film untuk trik ini.

5# - Wooly Filters



Ide menggantung wol yang penuh warna di depan lensa Anda, dapat memiliki beberapa efek yang sangat menarik. Jika Anda mencari skema warna atau ingin menambahkan beberapa warna pelengkap di latar depan karena fokus, ini bisa menjadi cara yang baik untuk melakukan itu.

6# - Tinsel Filter



Seperti trik sebelumnya, ini melibatkan suatu benda yang menggantung di depan lensa Anda. Seperti trik wol di atas bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenalkan warna fokus ke latar depan pada tembakan Anda. Tapi itu juga berkilau dan memantulkan cahaya kembali ke lensa Anda juga. Saya yakin kita semua masih memiliki sisa-sisa perada yang ada di suatu tempat. Ini adalah salah satu yang Anda harus memiliki waktu untuk mencobanya.

7# - Foggy Filter



Sebenarnya, ini adalah sesuatu yang secara aktif disarankan untuk tidak dilakukan saat membersihkan lensa Anda, yaitu bernafas di kaca lensa. Nafas berisi segala macam hal yang menempel sesuatu di bagian depan lensa, dan secara pribadi, tampilan ini tidak terlalu bagus. Jadi, jika Anda tetap ingin mencobanya, pastikan Anda membersihkan lensa setelah menerapkan trik ini.

8# - Bubble Filter



Yang satu ini mungkin butuh sedikit bantuan dari seorang teman. Atau tidak gunakan tripod dan pemicu jarak jauh (remote shutter). Bagi saya jika mencoba trik ini, saya ingin topik ini jauh lebih jauh lagi sehingga gelembung di latar depan jauh lebih tidak fokus. Tapi selera Anda mungkin berbeda.

Selamat mencoba, jangan lupa baca: Trik Memotret Subjek Dalam Tetesan Air Dengan Alat Peraga.

Video credit: Cooperative of Photography (COOPH)
source: YouTube
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI