Cara Download Foto Shutterstock Gratis

๐Ÿ“ท Pengantar

Salam Sobat Fotografi! Seperti yang kita tahu, Shutterstock menjadi salah satu platform penyedia foto dan video terbesar di dunia. Namun, sayangnya untuk mengakses konten Shutterstock, kita perlu membayar dengan harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, banyak yang mencari-cari cara untuk mendapatkan foto-foto berkualitas tanpa harus membayar.Namun, sebelum kita membahas tentang cara download foto Shutterstock gratis, ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui terlebih dahulu.

1. Apa itu Shutterstock?

Shutterstock adalah sebuah platform online yang menyediakan jutaan foto, vektor, ilustrasi, dan video yang dapat digunakan oleh para kreator konten, desainer grafis, maupun pebisnis. Shutterstock didirikan pada tahun 2003 dan memiliki kantor di berbagai belahan dunia.

2. Kelebihan dan Kekurangan Shutterstock

Sebelum kita membahas tentang cara download foto Shutterstock gratis, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari platform ini.Kelebihan:

  • Memiliki jutaan koleksi foto dan video berkualitas tinggi
  • Menawarkan berbagai macam jenis file seperti foto, vektor, dan video
  • Memiliki fitur pencarian yang canggih sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan foto yang tepat

Kekurangan:

  • Harga yang cukup tinggi untuk mendapatkan lisensi penggunaan
  • Navigasi website yang agak rumit dan membingungkan

3. Apa itu Lisensi Penggunaan?

Lisensi penggunaan adalah ketentuan dan persyaratan penggunaan foto yang disediakan oleh Shutterstock. Dalam lisensi penggunaan tersebut terdapat pembatasan-pembatasan dalam penggunaan foto seperti tidak boleh digunakan untuk tujuan komersial, tidak boleh diedit, atau tidak boleh dipakai dalam konten yang mengandung unsur kekerasan atau pornografi.Now, setelah mengetahui beberapa hal penting tentang Shutterstock, mari kita bahas tentang cara download foto Shutterstock gratis.

๐Ÿ“ท Cara Download Foto Shutterstock Gratis

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan foto Shutterstock secara gratis. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Gunakan Fitur Preview

Shutterstock menyediakan fitur preview yang memungkinkan kita untuk melihat foto atau video secara gratis dengan watermark Shutterstock. Meskipun belum bisa digunakan secara langsung, setidaknya kita bisa melihat kualitas dari foto atau video tersebut terlebih dahulu.

2. Cari di Website Gratis

Terdapat beberapa website yang menyediakan foto gratis yang bisa kita gunakan untuk keperluan komersial maupun non-komersial. Beberapa di antaranya seperti Unsplash, Pexels, dan Pixabay. Kita bisa mencari foto yang mirip dengan foto di Shutterstock dan menggunakannya sebagai alternatif.

3. Gunakan Plugin Browser

Terdapat beberapa plugin browser seperti Shutterstock Instant yang memungkinkan kita untuk mendownload foto Shutterstock secara gratis dengan cara mengklik tombol โ€œGratisโ€. Namun, plugin ini hanya bisa digunakan pada beberapa browser saja.

4. Menggunakan Keyword yang Sesuai

Untuk menemukan foto yang tepat di website gratis, kita bisa menggunakan keyword yang sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya, jika kita membutuhkan foto landscape, kita bisa mencari dengan menggunakan keyword โ€œlandscapeโ€ atau โ€œnatureโ€.

5. Gunakan Akun Gratis

Shutterstock menyediakan akun gratis yang memungkinkan kita untuk mengakses konten terbatas. Meskipun tidak semuanya gratis, setidaknya kita bisa mendapatkan beberapa foto atau video tanpa harus membayar.

๐Ÿ“ท Tabel Informasi tentang Shutterstock

Berikut adalah tabel informasi lengkap tentang Shutterstock:

Nama Platform Shutterstock
Tahun Berdiri 2003
Menyediakan Foto, vektor, ilustrasi, video
Harga Bervariasi, mulai dari $29 per bulan
Kelebihan Memiliki jutaan koleksi foto dan video berkualitas tinggi, menawarkan berbagai macam jenis file, memiliki fitur pencarian yang canggih
Kekurangan Harga yang cukup tinggi untuk mendapatkan lisensi penggunaan, navigasi website yang agak rumit dan membingungkan
Lisensi Penggunaan Memiliki ketentuan dan persyaratan penggunaan yang harus dipatuhi oleh pengguna

๐Ÿ“ท FAQ

1. Bagaimana cara membuat akun gratis di Shutterstock?2. Apa itu lisensi penggunaan di Shutterstock?3. Apakah website seperti Pexels dan Unsplash legal untuk digunakan?4. Apa saja jenis file yang disediakan oleh Shutterstock?5. Apa yang dimaksud dengan fitur preview di Shutterstock?6. Apakah ada risiko hukum jika menggunakan foto atau video dari Shutterstock tanpa menjalankan lisensi penggunaan?7. Apakah mendownload foto dari Shutterstock dengan cara mencuri atau membohongi sistem diperbolehkan?

๐Ÿ“ท Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kita bisa menyimpulkan bahwa mendapatkan foto Shutterstock secara gratis memang tidak semudah yang kita bayangkan. Namun, masih terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan seperti menggunakan fitur preview, mencari di website gratis, menggunakan plugin browser, mencari menggunakan keyword yang sesuai, atau menggunakan akun gratis. Namun, sebagai pengguna yang bertanggung jawab, kita juga harus mematuhi lisensi penggunaan yang disediakan oleh Shutterstock agar tidak melanggar hak cipta atau mendapatkan risiko hukum di kemudian hari.Jadi, untuk Sobat Fotografi yang ingin mendapatkan foto berkualitas tinggi tanpa harus membayar, kita bisa mencoba beberapa cara di atas. Namun, sebagai pengguna yang bertanggung jawab, kita juga harus memahami persyaratan dan ketentuan penggunaan yang berlaku. Semoga tips-tips di atas bermanfaat ya!

๐Ÿ“ท Kata Penutup

Demikianlah artikel tentang cara download foto Shutterstock gratis. Terima kasih telah membaca artikel ini hingga akhir. Jangan lupa untuk selalu menjunjung tinggi etika penggunaan konten agar tidak merugikan pihak lain. Jika ada pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk menghubungi kami. Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!

Cara Download Foto Shutterstock Gratis

https://youtube.com/watch?v=blDS1KCQVFg