Cara Mencari Foto yang Terhapus di Android

📷Pendahuluan

Salam Sobat Fotografi, apakah kalian pernah kehilangan foto-foto penting di smartphone Android? Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan seperti menghapus secara tidak sengaja, sistem error, atau perangkat terkena virus. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mencari foto yang terhapus di Android dengan menggunakan fitur bawaan perangkat maupun aplikasi tambahan. Selain itu, kita juga akan membahas kelebihan dan kekurangan dari metode-metode tersebut serta jawaban atas pertanyaan sering ditanyakan (FAQ) terkait pemulihan foto yang terhapus.

Jadi, simak baik-baik artikel ini dan temukan cara terbaik untuk mengembalikan foto-foto Anda yang terhapus di perangkat Android.

Langkah 1: Cek Folder Sampah

Android memiliki fitur Folder Sampah yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk file yang terhapus. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek folder sampah:

  1. Buka aplikasi Galeri di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Album Sampah” atau “Folder Sampah”.
  3. Pilih foto yang ingin dikembalikan.
  4. Pilih “Pulihkan” atau “Kembalikan”.

Apabila fitur Folder Sampah belum tersedia pada perangkat, maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “DiskDigger” atau “Recuva” untuk melakukan pemulihan foto yang terhapus.

Langkah 2: Gunakan Google Photos

Google Photos adalah aplikasi bawaan Android yang berfungsi sebagai galeri foto dan layanan penyimpanan cloud. Dalam aplikasi ini, terdapat fitur “Trash” yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk foto yang terhapus:

  1. Buka aplikasi Google Photos di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Trash” atau “Sampah”.
  3. Pilih foto yang ingin dikembalikan.
  4. Pilih “Pulihkan” atau “Kembalikan”.

Apabila fitur “Trash” belum tersedia pada perangkat, maka bisa menggunakan fitur “Backup and Sync” untuk memulihkan foto yang terhapus dari penyimpanan cloud.

Langkah 3: Gunakan Aplikasi Pemulihan Foto

Apabila kedua metode di atas tidak berhasil, maka bisa menggunakan aplikasi pemulihan foto. Berikut adalah beberapa aplikasi pemulihan foto terbaik di Android:

No
Nama Aplikasi
Harga
Rating
1
DiskDigger
Gratis/ Berbayar
4,6/5
2
Recuva
Gratis
4,5/5
3
Photo Recovery
Gratis/ Berbayar
4,3/5

Untuk menggunakan aplikasi pemulihan foto, cukup mengunduh aplikasi yang diinginkan dari Google Play Store, lalu mengikuti instruksi yang diberikan pada aplikasi tersebut.

Langkah 4: Gunakan Aplikasi Anti-Virus

Jika kehilangan foto disebabkan oleh adanya virus pada perangkat Android, maka bisa menggunakan aplikasi anti-virus untuk membersihkan perangkat dan mengembalikan foto yang terhapus. Berikut adalah beberapa aplikasi anti-virus yang disarankan:

No
Nama Aplikasi
Harga
Rating
1
Avast Mobile Security
Gratis/ Berbayar
4,7/5
2
Kaspersky Mobile Antivirus
Gratis/ Berbayar
4,8/5
3
Norton Mobile Security
Gratis/ Berbayar
4,6/5

Setelah mengunduh aplikasi anti-virus, cukup melakukan pemindaian pada perangkat Android untuk membersihkan virus dan mengembalikan foto yang terhapus.

Langkah 5: Gunakan Fitur PhoneRescue

PhoneRescue adalah salah satu aplikasi pemulihan data terbaik untuk perangkat Android. Dalam aplikasi ini, terdapat fitur “Recover from Device” yang berfungsi untuk memulihkan data yang hilang atau terhapus pada perangkat Android:

  1. Unduh dan install aplikasi PhoneRescue pada perangkat komputer Anda.
  2. Sambungkan perangkat Android ke komputer melalui kabel USB.
  3. Pilih “Recover from Device” pada halaman utama aplikasi.
  4. Pilih jenis file yang ingin dipulihkan (foto).
  5. Pilih “Start Scan” untuk memulai proses pemindaian pada perangkat Android.
  6. Pilih foto yang ingin dikembalikan.
  7. Pilih “Recover” atau “Kembalikan”.

Langkah 6: Bawa ke Teknisi

Apabila semua metode di atas tidak berhasil, maka bisa membawa perangkat Android ke teknisi terdekat. Teknisi akan melakukan proses pemulihan data secara profesional dan menyeluruh.

Langkah 7: Backup Data Secara Berkala

Langkah pencegahan terbaik untuk menghindari kehilangan data pada perangkat Android adalah dengan melakukan backup data secara berkala. Caranya bisa menggunakan layanan penyimpanan cloud, komputer, atau hard disk eksternal.

📷Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Mudah Dilakukan

Metode-metode yang disebutkan di atas sangat mudah dilakukan bahkan oleh pengguna Android pemula sekalipun.

2. Gratis

Beberapa metode dalam artikel ini dapat dilakukan secara gratis seperti menggunakan fitur bawaan Android atau aplikasi pemulihan foto gratis.

3. Menyeluruh

Jumlah aplikasi dan metode yang disebutkan dalam artikel ini dapat menjamin penyelamatan foto yang terhapus dengan baik dan sempurna.

4. Meningkatkan Performa Perangkat

Beberapa aplikasi antiviral dapat membersihkan virus pada perangkat Android, sehingga meningkatkan kinerja perangkat.

Kekurangan

1. Tidak Semua Foto Dapat Dikembalikan

Tidak semua foto yang terhapus pada perangkat Android dapat dikembalikan, terutama jika sudah terlalu lama atau telah terhapus secara permanen.

2. Proses Pemulihan Tidak Selalu Cepat

Proses pemulihan foto yang terhapus pada perangkat Android tidak selalu cepat dan dapat memakan waktu yang cukup lama.

📷FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah foto yang terhapus dari perangkat Android dikembalikan?

Iya, foto yang terhapus dari perangkat Android bisa dikembalikan dengan menggunakan fitur bawaan perangkat atau aplikasi tambahan.

2. Apakah semua foto yang terhapus bisa dikembalikan?

Tidak semua foto yang terhapus bisa dikembalikan terutama jika sudah terlalu lama atau telah terhapus secara permanen.

3. Apakah fitur Folder Sampah tersedia pada semua perangkat Android?

Tidak, fitur Folder Sampah tidak tersedia pada semua perangkat Android. Namun, bisa menggunakan aplikasi pemulihan foto seperti DiskDigger atau Recuva.

4. Apakah semua aplikasi pemulihan foto gratis?

Tidak, beberapa aplikasi pemulihan foto memerlukan biaya untuk menggunakan fitur premium.

5. Apakah semua aplikasi anti-virus bisa mengembalikan foto yang terhapus?

Tidak semua aplikasi anti-virus bisa mengembalikan foto yang terhapus, namun beberapa aplikasi seperti Avast Mobile Security, Kaspersky Mobile Antivirus, dan Norton Mobile Security memiliki fitur pemulihan data yang mencakup file foto.

6. Apakah PhoneRescue bisa dipakai pada perangkat Mac?

PhoneRescue tersedia untuk perangkat Mac maupun Windows.

7. Berapa lama proses pemulihan data pada teknisi?

Proses pemulihan data pada teknisi dapat memakan waktu yang cukup lama tergantung dari tingkat kerusakan pada perangkat Android.

📷Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa cara untuk mencari dan mengembalikan foto yang terhapus di perangkat Android. Beberapa metode yang disebutkan di atas seperti menggunakan fitur bawaan Android, aplikasi pemulihan foto, dan aplikasi anti-virus dapat membantu menyelamatkan foto yang terhapus dengan baik dan sempurna.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan. Tidak semua foto yang terhapus bisa dikembalikan terutama jika sudah terlalu lama atau telah terhapus secara permanen.

Jadi, untuk menghindari kehilangan data pada perangkat Android, pastikan untuk melakukan backup data secara berkala dan menggunakan aplikasi anti-virus untuk menjaga keamanan perangkat.

Terakhir, jangan lupa share artikel ini kepada teman-teman yang juga sering mengalami kehilangan foto di perangkat Android. Semoga bermanfaat!

Cara Mencari Foto yang Terhapus di Android