MOHON AKTIFKAN JAVASCRIPT ANDA!
[KLIK DI SINI PETUNJUKNYA]

Mengenal White Balance (WB) Dan Cara Penggunaannya


Kamera sudah menyiapkan setingan khusus untuk mengimbangi warna dari pencahayaan pada situasi tertentu, seperti pada di siang hari, saat mendung, pada malam hari, dan termasuk pencahayaan dalam ruangan. Pengaturan untuk menangani situasi tersebut itulah yang dinamakan White Balance (WB).

Warna dari pencahayaan di siang hari, saat mendung, dan warna dari pencahayaan bantuan lampu (bohlam dan neon) memiliki temperatur yang berbeda-beda dan kamera telah menyiapakn pilihan-pilihan white balance untuk menangani masing-masing dari situasi tersebut, dengan cara menyusaikan temperatur pada masing-masing situasi tersebut.

Jadi, ketika Anda memotret di siang hari maka Anda bisa menggunakan white balance yang dikhususkan untuk menangani warna dari pencahayaan di siang hari. Begitupula dengan situasi lainnya.

Adapun jenis-jenis white balance (WB) yang secara umum ada pada semua jenis kamera yaitu:

1. Auto White Balance (AWB)

White balance ini akan mengenali secara otomotis situasi pencahayaan yang di hadapi oleh kamera, entah itu siang, mendung, atau malam hari. Kemudian program akan merekomendasikan setingan terbaiknya untuk menyusaikan diri dengan temperatur warna pada situasi tersebut.

2. Daylight / Direct sunlight - Temperatur 5200K

White balance ini dikhususkan untuk menangani temperatur warna dari pencahayaan di siang hari terlebih lagi ketika Anda berada di bawah sinar matahari langsung. Jadi Anda bisa menggunakan white balance ini bila memotret di siang hari.

3. Shade - Temperatur 7000K

White balance ini memiliki fungsi untuk menangani situasi yang sama seperti WB di atas yaitu siang hari. Namun white balance ini ditekankan untuk digunakan pada tempat yang ternaungi dari sinar matahari seperti dalam rumah atau di bawah pohon dan bukan di bawah sinar matahari langsung.

4. Cloudy - Temperatur 6000K

White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan saat mendung.

5. Tungsten / Incandescent - Temperatur 3200K

White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan yang bersumber dari bohlam / lampu pijar yang warna cahayanya agak kekuning-kuningan. Jadi ketika Anda memotret dalam ruangan dengan pencahayaan dari bohlam maka gunakan white balance ini.

6. Fluorescent ( Lampu Neon Putih) - Temperatur 4000K

White balance ini dikhususkan untuk menghadapi situasi pencahayaan yang bersumber dari lampu neon yang cahayanya berwarna putih. Sama seperti Tungsten, white balance ini juga bisa Anda gunakan untuk memotret dalam ruangan dengan sumber cahaya dari lampu neon.

7. Flash

White balance ini berfungsi untuk mengimbangi pencahayaan dari lampu flash pada kamera Anda. Ketika Anda akan menggunakan flash saat memotret maka gunakan white balance ini.

8. Custom

Sedangkan white balance yang satu ini bisa Anda bentuk sendiri temperaturnya dengan mengambil referensi dari temperatur warna pencahayaan yang ada di foto lain. Nah! Kalau ada foto di kamera Anda yang Anda sukai warna pencahayaannya maka Anda bisa menjadikan warna pencahayaan foto tersebut untuk diset ke white balance Custom.

Untuk melihat perbedaan dari tiap-tiap white balance di atas silahkan Anda lihat gambar di bawah ini:


Cara Merubah White Balance (WB)


Letak menu white balance berbeda-beda pada semua jenis kamera, namun tidaklah sulit untuk menemukannya. Umumnya white balance di tandai dengan kode WB. Jadi, langsung saja pilih menu WB di kamera Anda dan silahkan pilih white balance yang Anda butuhkan.

Oya, selain white balance sangat perlu juga untuk Anda mengetahui lebih lanjut tentang picture style dan peruntukkannya pada tiap-tiap kondisi tertentu. Silahkan baca di sini untuk pembahasan tentang picture style.
SHARE

PENULIS: M. HAJAR A.K

Pengunjung yang terhormat mohon untuk tidak menduplikat artikel ini. Hargai usaha saya menyusun semua artikel yang ada di blog KELASFOTOGRAFI.COM. Silahkan ambil referensi tapi jangan menduplikatnya.
KELAS FOTOGRAFI

Kami mendeteksi Adblock Anda sedang aktif.
Kemungkinan ada bagian artikel yang hilang.
Apakah Anda menggunakan UC Browser?
Mohon non-aktifkan Adblock di browser Anda atau gunakan browser selain UC Browser.
Kami rekomendasikan Anda menggunakan Google Chrome untuk tampilan laman yang lebih baik.

[ Lihat Cara Non-Aktifkan Adblock ]
TUTUP BOX INI