Lensa Nikon 35mm f 1.8: Lensa Wahana Fotografi

Perkenalan

Halo Sobat Fotografi, apa kabar? Semoga selalu sehat dan semangat dalam mengejar hobi fotografi. Di tengah era digital seperti sekarang ini, fotografi tidak hanya sekadar berfoto dan memiliki kamera berkualitas, tetapi juga harus memahami jenis lensa yang tepat untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lensa terkenal dari Nikon, yaitu lensa Nikon 35mm f 1.8.

Apa itu Lensa Nikon 35mm f 1.8?

Lensa Nikon 35mm f 1.8 adalah salah satu jenis lensa prime atau fixed yang dibuat oleh Nikon. Lensa ini jadi favorit di kalangan fotografer pemula hingga profesional karena kemampuannya menghasilkan foto dengan kualitas tinggi. Lensa ini memiliki fokus tetap pada 35mm dan aperture maksimal yang cukup lebar, yaitu f/1.8. Hal ini membuat lensa ini sangat baik dalam menghasilkan foto low-light, seperti malam hari. Tak hanya itu, lensa Nikon 35mm f 1.8 juga memiliki kemampuan autofokus yang lebih cepat dan akurat dibandingkan lensa kit yang biasanya ada pada kamera DSLR.

Kelebihan dan Kekurangan Lensa Nikon 35mm f 1.8

Kelebihan Lensa Nikon 35mm f 1.8

1. Lensa ini memiliki aperture maksimal lebar, yaitu f/1.8, sehingga sangat bagus dalam menghasilkan foto low-light. šŸ“ø

2. Fokus lensa yang cepat dan akurat. Hal ini sangat penting bagi fotografer yang ingin mengambil foto candid atau fotografer yang bergerak banyak dalam memotret. šŸŽ„

3. Lensa ini juga memiliki konstruksi yang cukup solid dan kokoh. Material dari lensa ini terbuat dari bahan metal dan plastik berkualitas tinggi yang menjadikannya tahan lama dan cocok digunakan dalam situasi yang sedikit ekstrem. šŸ”§

4. Ukuran lensa yang cukup kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa-bawa dalam perjalanan dan cocok digunakan untuk fotografi jalanan atau street photography. šŸš¶

5. Lensa Nikon 35mm f 1.8 juga memiliki kemampuan bokeh yang lembut dan halus. Hal ini sangat memanjakan mata para penggemar fotografi yang mengutamakan keindahan foto. šŸ’

6. Baik pengguna kamera full frame maupun APS-C, lensa Nikon 35mm f 1.8 dapat digunakan dengan optimal. šŸ’»

7. Lensa ini juga sangat cocok untuk memotret subjek seperti manusia, hewan, dan landscape. Hal ini menjadikan lensa Nikon 35mm f 1.8 sebagai lensa yang multiguna untuk berbagai kalangan fotografer. šŸŒ…

Kekurangan Lensa Nikon 35mm f 1.8

1. Satu-satunya kekurangan dari lensa ini adalah harga yang relatif mahal bagi sebagian fotografer pemula. Namun, harga itu sebanding dengan kualitas yang dihasilkan. šŸ¤‘

Spesifikasi Lensa Nikon 35mm f 1.8

Tipe lensa
Prime/Fixed
Jarak focal (fokus tetap)
35mm
Aperture
f/1.8 ā€“ f/22
Jumlah bilah aperture
7
Jumlah elemen lensa
8
Jumlah grup lensa
6
Jarak minimum fokus
0.25m
Diameter filter lensa
52mm
Berat
200g

FAQ Tentang Lensa Nikon 35mm f 1.8

1. Apa keunggulan dari lensa Nikon 35mm f 1.8 dibandingkan lensa lainnya?

Lensa Nikon 35mm f 1.8 memiliki aperture maksimal lebar, autofocus yang cepat dan akurat, serta konstruksi solid yang membuatnya tahan lama. Selain itu, lensa ini juga memiliki ukuran yang kecil dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.

2. Bagaimana cara mengatur aperture pada lensa Nikon 35mm f 1.8?

Pengaturan aperture dapat dilakukan pada kamera DSLR yang digunakan, biasanya terdapat tombol dial pada bagian atas kamera. Aperture lensa akan muncul pada layar LCD pada kamera. Jika menggunakan kamera Nikon, aperture akan terlihat apabila tombol ā€œiā€ pada sisi kiri kamera ditekan dan pilih mode pengambilan gambar.

3. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 cocok digunakan untuk pengambilan foto landscape?

Ya, lensa Nikon 35mm f 1.8 sangat cocok digunakan untuk pengambilan foto landscape karena dapat menghasilkan gambar yang tajam dan memperlihatkan detail pada foto.

4. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 cocok untuk pengambilan foto dengan gerakan cepat?

Ya, lensa Nikon 35mm f 1.8 memiliki kemampuan autofocus yang cepat dan akurat sehingga sangat cocok untuk pengambilan foto dengan gerakan cepat seperti memotret olahraga.

5. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 cocok untuk fotografi makro?

Tidak, lensa Nikon 35mm f 1.8 bukanlah lensa yang cocok digunakan untuk fotografi makro karena jarak fokus minimum yang dimilikinya tidak terlalu pendek.

6. Apa saja jenis filter yang cocok digunakan pada lensa Nikon 35mm f 1.8?

Ukuran filter lensa Nikon 35mm f 1.8 adalah 52mm. Beberapa jenis filter yang cocok digunakan pada lensa ini adalah filter UV, filter polarizer, dan filter ND.

7. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 cocok digunakan untuk pengambilan foto di malam hari?

Ya, lensa Nikon 35mm f 1.8 sangat cocok digunakan untuk pengambilan foto di malam hari karena kemampuan aperture maksimal lebarnya.

8. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 bisa digunakan pada kamera mirrorless?

Tidak, lensa Nikon 35mm f 1.8 merupakan lensa yang hanya bisa digunakan pada kamera DSLR Nikon.

9. Bagaimana cara membersihkan lensa Nikon 35mm f 1.8?

Lensa harus dibersihkan dengan hati-hati menggunakan kain lembut yang khusus untuk membersihkan lensa. Jangan menggunakan tisu kertas ataupun kain kasar untuk membersihkan lensa karena dapat merusak permukaan lensa.

10. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 memiliki fitur manual focus?

Ya, lensa Nikon 35mm f 1.8 memiliki fitur manual focus sehingga fotografer dapat mengatur fokus manual sesuai dengan kebutuhan.

11. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 dilengkapi dengan hood?

Tidak, lensa Nikon 35mm f 1.8 tidak dilengkapi dengan hood bawaan, tetapi dapat dibeli secara terpisah.

12. Bagaimana cara memasang lensa Nikon 35mm f 1.8 pada kamera?

Caranya cukup mudah, geser tombol pengunci pada bagian bawah lensa dan pasang pada mount kamera. Putar dengan hati-hati hingga lensa terpasang dengan kuat dan tidak goyah.

13. Apakah lensa Nikon 35mm f 1.8 memerlukan stebilizer?

Tidak, lensa Nikon 35mm f 1.8 tidak dilengkapi dengan stebilizer, namun kamera DSLR Nikon umumnya memiliki sistem stebilizer dari body kamera.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa lensa Nikon 35mm f 1.8 merupakan lensa yang sangat cocok digunakan untuk berbagai jenis fotografi, seperti portrait, landscape, maupun street photography. Lensa ini juga memiliki kelebihan dalam menghasilkan foto dalam kondisi low-light dan kemampuan autofocus yang cepat dan akurat. Walaupun harganya relatif mahal, tetapi kualitas yang dihasilkan sebanding dengan investasi yang dikeluarkan. Jadi, bagi Sobat Fotografi yang ingin membeli lensa baru, lensa Nikon 35mm f 1.8 bisa menjadi pilihan yang tepat.

ACTION ! ACTION! ACTION!

Nah, setelah membaca artikel ini, sudahkah Sobat Fotografi memutuskan untuk membeli lensa Nikon 35mm f 1.8? Jika iya, jangan lupa untuk membeli dari toko resmi agar mendapatkan garansi dan kualitas barang yang terjamin. Selamat berfotografi!

Lensa Nikon 35mm f 1.8: Lensa Wahana Fotografi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *